Sambel Tempe Kemangi

sambel tempe1

Walaupun lumayan suka pedes tapi saya bukan fans sambel-sambelan, terutama sambel terasi. Saya basicnya suka sambel yg lebih simpel gitu macem sambel bawang, sambel kacang, dan yg setipe itulah.

Makanya saya nyerah lah kalo disuruh bikin sambel terasi, tapi kalo cuman disuruh bikin sambel bawang mah hayuklah saya ladenin (dikira berantem kali :D).

Selain gampang bikinnya, si sambel bawang juga bisa dibikin macem2, dimodif dikit aja bisa jadi makanan lain dengan nama lain :D.

Nah, salah satu andalan saya si sambel bawang ini selain buat sambel biasa yg bisa dibuat cocolan tempe mendoan (misalnya), saya biasanya bikin sambel tempe, bahannya juga gampang, nyaris ada di menu kita sehari-hari.

Dan jujur aja, saya nggak pernah punya itungan khusus buat jumlah bumbu2 nya, jadi emang suka sekenanya aja :D.

Sambel Tempe Kemangi
Bahan:
1 papan tempe, iris jangan terlalu tipis (kecuali kalian suka tempe nya kriuk2)
6-10 siung bawang merah, kupas dan iris kasar
4-6 siung bawang putih, kupas dan iris kasar
Cabe rawit merah, sesukanya
Garam, secukupnya
Daun Kemangi secukupnya, siangi, cuci bersih dengan air matang, tiriskan

Cara masak:
– Goreng tempe sampai matang dan kekuningan, sisihkan (saya biasanya pake minyak baru ya).
– Kurangi minyak bekas menggoreng tempe di wajan, sisakan sekitar 3-4 sendok makan saja
– Goreng bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit dengan sisa minyak di wajan tadi (hati-hati cabenya suka meletus ya), goreng sampai layu saja
– Tuang bawang dan cabe yg sudah digoreng tadi ke ulekan yg bersih, sisihkan minyaknya
– Tambah garam secukupnya, ulek kasar bawang dan cabe
– Panaskan lagi minyak sisa menggoreng bawang dan cabe yg masih ada di wajan, setelah panas tuang ke ulekan bawang-cabe, ulek lagi (campur rata).
– Setelah rata, masukkan tempe yg sudah digoreng, dan penyet2 tempe, biarkan tempe masih kasar hasil ulekannya.
– Pindahkan sambal tempe ke piring saji sambil ditaburi dengan kemangi.

 

sambel tempe3

sambel tempe

Leave a comment