my daily walking steps: working day VS holiday

walk

 

in English, long short story :
The pictures (down there, just scroll down) show my walking/steps record on my phone. There are very significant number of steps between working day VS holiday, in normal working days i only got 4000-5000 steps, while on holiday i can even reach more than 20.000 steps (or usually more than 10,000), that’s make my level jump off to Highly Active from Inactive (in average).

So, should I have a (everyday) holiday to be in the level of Active person?!

well, I wish! 🙂

====================================================

Berapa banyak langkahmu dalam sehari? dari beberapa sumber yang saya baca, ada beberapa kategori “Active” berdasarkan hitungan jumlah langkah dalam sehari:
1. Sedentary (Inactive) = less than 5.000 langkah dalam sehari
2. Low Active = 5000 -7499 langkah dalam sehari
3. Somewhat Active = 7500-9999 langkah dalam sehari
4. Active = 10.000 langkah lebih dalam sehari
5. Highly Active = 12.500 langkah lebih dalam sehari

Nah!, udah bisa ketauan kan kalian ada di level mana? HAHAHAHAHA syedih deh, karena kalo dirata2 maka saya akan ada di level Inactive, karena memang kalo dilihat di pedometer HP saya maka langkah saya sehari (di hari kerja) memang rata-rata dibawah 5000, ada diantara 4000-5000 biasanya. Tapi, saya punya asumsi kalo langkah kalian juga pasti nggak jauh beda sama saya, malah mungkin kebanyakan ada diangka 2000-3000an, entah kenapa saya cukup yakin sama asumsi saya itu, kenapa gitu? karena saya sendiri ngerasa bahwa saya udah berusaha memaksimalkan langkah saya sehari-hari, ya minimal diantara temen-temen kantor deh.

Ada beberapa trik biar saya banyak jalan, misalnya sengaja ambil air minum sendiri ke pantry tanpa minta OB yg isiin, saya sengaja nggak pake jar minum yg terlalu besar di meja, ini maksudnya biar saya bisa ambil minum beberapa kali sehari. Karena cukup saya banyak minum, maka sayapun lumayan sering ke toilet, ya lumayan lah nambah2 langkah saya juga, yang kebeneran posisi meja saya di kantor juga agak harus muter kalo mau ke pantry atau toilet.

Ada tambahan lagi kalo pas pulang kantor, karena saya naik Transjakarta alias busway, otomatis ada jembatan penyebrangan yang harus saya lewatin, nah kebetulan di halte tempat saya biasa turun itu ada jalan pintasnya yang nggak harus lewat jembatan penyebrangan yang lumayan panjang itu, dan orang-orang biasanya langsung turun nyebrang langsung disitu, nah saya sendiri pada akhirnya tetap pake jembatan penyebrangan biar ada tambahan jalan sedikit :D.

Basic nya saya suka jalan kaki, malah olahraga paling gampang, murah, dan memungkinkan buat saya ya salah banyaknya ya jalan kaki, karena jujur saya sih belum kuat buat lari ya (maklum kegendutan :D), walopun kekinian banget itu ikutan 5K ato sebangsanya. Nah, walopun nggak terlalu rutin, tp biasanya wiken pagi kalo pas nggak kemana-kemana saya biasanya jalan pagi ato sepedahan minimal 5km.

Walopun tahu jalan kaki itu bagus dan sehat, banyak faktor yang nggak memungkinkan saya buat jor-jor an jalan kaki. Pengen sih pagi itu saya nggak perlu nungguin mobil shuttle kantor yg jemput saya dari halte busway ke kantor walaopun cmn sekitar kurang dr 2KM an, cuman apa daya jalanan deket kantor itu nggak bersahabat banget mulai dari trotoarnya yang nggak rata, jalanan yang jam 7 pagi ramenya minta ampun, which is artinya polusinya udah banyak banget, dan ada bagian jalan yg nggak nggak ada rindang-rindangnya sama sekali, kan gak lucu juga pagi2 udah basah kuyup panas dan keringetan.

So, sayapun (cukup) ngerti sama kenapa orang indonesia disebut salah satu yang warganya males banget jalan kaki, karena faktor “X” nya banyak, jadi kadang bukan kita nggak mau tp karena faktor pendukungnya kurang.

Duh, ini apa sih seriusan banget ngomongin soal jalan kaki doang, hahahaha…sebenernya saya iseng cuman mau ngasih tau perbedaan jumlah jalan kaki saya kalo pas hari kerja versus pas liburan :D. Karena pas liburan itu mendadak level saya bisa berubah menjadi Highly Active, HAHAHAHA kesyel yaaa :D.

ini buktinya, kalo liburan bikin saya jadi tergolong Highly Active, saya iseng ngumpulin data dr pedometer HP.

wp_collage

Ini kebetulan ketiganya pas saya cuti dan “ngibrit” bentar ke sekitaran Malaysia dan Singapura yg most of adalah city tour tipenya. Tipe liburan saya kalo di dalem kota biasanya gak jauh dari yang namanya taman, museum, bangunan bersejarah, pasar, dan semacamnya, yang otomatis pasti banyak jalan kaki nya. Sampe kadang-kadang kalo udah sore/malem itu kaki udah gak ada rasanya ga napak lagi padahal mau pulang ke penginapan juga masih butuh jalan ke stasiun kereta/MRT, belom lagi kalo musti transit/pindah MRT..makjaaann >_<, but HEY! itulah serunya liburan, bahkan capek aja gak dirasa, kadang lapar juga kelewat karena malah sering bingung mo makan apa dan kebanyakan pilihan -_-. Sementara karena terbatas pilihan transportasi, terutama karena alesan ngirit (taksi berasa mehong kan kalo cmn sendiri ato berdua kan), tentunya transportasi massal jadi pilihan utama, lagipula kan transportasi diluar negeri juga beda sama kita ya, jd ya pengalaman aja pake apa yg nggak kita punya.

Jadi kesimpulannya, kalo mau ada di level Highly Active maka saya harus liburan tiap hari dooongg HAHAHAHAHAHAHA.
So, di level mana langkah kalian? 😀

Note: angka di pedometer HP mungkin nggak akurat 100% ya, tapi setidaknya bisa dijadiin patokan. Ato mungkin kalo ada yg pake smartwatch yg bisa ngitung langkah juga lumayan berguna.

Leave a comment