Kue Sengkulun

sengkulun 1

Udah lama banget nggak makan kue ini, sampe lupa namanya juga apa ini kue, tetiba suatu hari temen kantor ada yg bawa kue ini ke kantor, dan akhirnya saya penasaran untuk tau apa sih resepnya, sekalian nyari tau namanya…akhirnya tau juga kalo kue ini namanya kue sengkulun. Dan berhubung ini kue cuman dikukus, yang mana berarti bisa bikin di kos karena alat2 yg terbatas :D, tapi yg rada pe-er cuman karena harus beli kelapa parut di pasar, jadi kalo mau bikin kue ini harus bener2 niat ke pasar dan dibikin hari itu juga :D.

Bahan:
1 butir kelapa parut yang setengah tua
500 gr tepung ketan
200 gr gula pasir
1sdt garam
1sdt vanili
7sdm air putih
Pewarna, sesuai selera
Daun pisang utk alas loyang selembar (note: saya pake cetakan2 kecil)

Caranya:
Campur semua bahan kecuali air, aduk dengan tangan hingga rata.
Kalo sudah rata, cipratkan air sedikit2 sambil diaduk rata.
Bagi 2 adonan, sebagian diberi warna, sebagian lagi dibiarkan berwarna putih.
Masukkan kedalam loyang yang sudah diolesi minyak dan dialasi daun pisang, warnanya bisa berlapis sesuai selera.
Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya selama sekitar 20 menit
Setelah matang, dinginkan dan dipotong2 sesuai selera

sengkulun 2

Advertisements