Seblak basah

IMG_1564_

mirip kwetiaw goreng kan?! πŸ˜€

Beberapa bulan belakangan ini makanan yang namanya seblak kayaknya lagi tenar banget. Awal-awal sih bingung, seblak tuh apaan sih?….dan thanks to the-one-who-know-everything a.k.a Google, baru tahulah saya, kalo ternyata seblak itu adalah “kerupuk” sodara-sodara. Nah karena penasaran kok si seblak ini tenar banget, saya pun iseng ikutan bikin seblak basah.

Gimana caranya bikin si seblak ini bisa basah?…jadi genks..si kerupuk bawang yg banyak di pasar itu, yg suka buat topping nya bubur ayam, lontong sayur, dkk, kita bikin lembek lagi dengan cara direndem di air panas, nggak perlu digoreng dulu maksudnya ya alias mentah.

IMG_1562_

kerupuk bawang mentah

Nah, setelah direndem air panas dan jadi lembek, baru deh ditirisin dan siap untuk diolah. Nggak pake resep2 an baku, yg ada saya malah sengaja pake bumbu nasi goreng instan (tp yg bentuknya pasta), tapi tetep saya tambahin ulekan bawang merah-bawang putih-kencur, si kencur inilah yg jadi ciri khasnya si seblak basah katanya.

Caranya juga gampang, kayak kita mau bikin nasi/mie goreng aja. Tinggal tumis bumbu halusnya, trus masukin seblaknya, optional tinggal tambahin telor, baso/sosis, atau ada jg yg nambahin ceker. Pedesnya juga diatur sendiri aja deh, tinggal tes rasa yg kurang, tambahin aja deh, kalo saya tetep perlu ditambah kecap biar agak manis :). Nah selesai deh!, Kalo menurut saya hasil akhirnya si seblak basah ini jadi mirip sama kwetiaw goreng deh :D.

Selamat mencoba πŸ™‚

Note : Sebenernya ini makanan dan fotonya dibuat sudah bbrp bulan lalu, cmn saya nya aja yg telat posting >_<

