Simple cooking, anak kost survival food.

*Sebelumnya, ijinkan saya bersih-bersih lapak berdebu ini karena ditinggal kelamaan*

*sapu*

*pel* *pake karbol biar makin bersih*

Hahahahahaha..

Udah ah….:P

Sebagai pendatang di kota jakarta yang udah kelamaan nge-kost, harus kreatif soal makanan. Kalo jaman dulu anak kost terkenal sebagai pemakan setia mie instant ato warteg, tapi kalo sekarang harusnya anak kost lebih kreatif ya karena pilihannya makin banyak, belum lagi uang saku nya makin banyak nggak kayak saya dulu :(.

Bersyukurlah saya karena selalu dapet tempat kost yang ada dapurnya, jadi setidaknya masih bisa masak minimal buat sendiri.
Saya sendiri bukan yang seneng masak sebenernya, saya lebih milih disuruh bikin kue daripada masak makanan, apalagi makanan indonesia yang bumbunya bejibun itu, alhasil sampe sekarang ini saya nggak bisa tuh yg namanya masak rendang, opor, dll, jangankan itu yg bumbunya banyak, masak sayur asem aja saya belom pernah :D, maafkan aku mama >_< …… Padahal makannya sih doyan banget :D. Walaupun pernah juga sih masak macem opor dkk kalo kepepet pas ditinggal mama, tapi diakalin pake bumbu instant ajah…hahahahahaha.


Nah, berhubung saya juga lagi coba ngurangin yang namanya nasi (nasi putih terutama), saya harus lebih kreatif lagi kalo mau iseng masak. Untungnya saya suka banget sama sayur, jadinya saya ngakalin bikin menu yang sudah mengandung sayur dan lauknya sekalian dalam sekali masak untuk sekali makan, ato kerennya disebut “one pot meal” ato “one pot dishes”.

Simpelnya, saya cuman masak sayur plus ada lauknya sekaligus, dan dimakan tanpa nasi tapi bikin kenyang…hahahahha ya iyalah kenyang, orang sayurnya seabreg :D.

Sayur apa sih yang bisa dipake buat makanan simpel ini? sayurnya juga nggak perlu mahal kok, misalnya wortel, jagung muda, buncis, brokoli, kalo yg mahalan dikit bisa pilih jamur merang/kancing/enoki dkk.
Untuk protein nya bisa pake ayam fillet yang dipotong kecil-kecil, ayam giling, daging giling, sosis, smoked beef, telur, dll. Ato yang lebih simpel dan murah bisa pake tahu sutra/tofu atau tahu telur.

Untuk bumbunya juga ga banyak-banyak kok, cuman perlu bawang bombay, bawang putih, merica, dan garam. Kalo suka pedes tinggal tambah cabe rawit iris ato yang lebih gampang selalu sedia bonca*e aja biar tinggal tabur pas mo makan :D.

Berikut salah satu contoh hasil yang udah jadi, yang merupakan campuran tumisan dari wortel, jagung muda, sosis, dan telur.

Tumis putren-wortel

Tumis putren-wortel

Nah, kalo suka sama pasta2 an, mungkin nggak asing sama saus carbonara yang warna putih itu. Ini juga salah satu hasil iseng2 pake saus carbonara yang simpel pake susu cair putih UHT yang di kotak sedeng aja (200/250 ml), tepung terigu sesendok makan, dan keju secukupnya (kalo ada). Bumbunya pun tetep sama cuman pake bawang bombay, bawang putih, merica, garam, plus pala bubuk sedikit (kalo suka). Untuk sayurannya pake jagung manis, buncis, plus sosis.
Nah kalo nggak mau pake sayuran juga tinggal diganti aja pake pasta macem makaroni atau spaghetti atau fetuccini, jadi deh makanan itali :D.

jagung-buncis saus putih

jagung-buncis saus putih

Untuk yg berkuah, bisa coba versi lain dari sop, seperti yang difoto ini sop jagung dan brokoli, ditambah lauknya adalah ayam cincang/ayam fillet, plus saya tambah juga 1 butir telur yang dikocok asal trus dimasukin bbrp saat sebelum sop matang, telur ini bikin jadi serabut2 gitu di kuahnya. Untuk bumbunya? tetep aja deh pake bawang putih, bawang bombay, merica, garam :D.

sup jagung-brokoli

sup jagung-brokoli

FYI, menu2 ini adalah salah satu menu makan besar saya dibulan puasa lho (untuk buka puasa), cuman butuh sekitar 10 menit untuk masaknya dan setelah itu langsung dimakan deh.

Notes: sebaiknya dimasaknya jangan terlalu lama ya, yang kira2 lama matengnya ditumis duluan agak lamaan dikit.
Ketauan banget ini anak kos propertinya nggak banyak, mangkuk yang dipake selalu yang ijo itu aja terus …hahahahaha 😀
Foto ini diambil pake hp, dan diambil dalam keadaan lapar berat setelah masak, jadi nggak sempet mikirin estetika segala ..ahahahahaha :D, jadi maafkan kalo terlihat tidak menarik ya 😛

