Baking: Bolu Kukus Mekar

Sebetulnya saya bukan fans bolu kukus, tapi entah kenapa saya selalu tertantang pengen bikin itu bolkus, soalnya dulu (waktu masih SMA ato kuliah) tiap nyoba bikin pasti nggak bisa mekar, sampe semua resep dicobain. Mulai dari yg pake soda, pake santen, pake air kelapa, dll.

Setelah lama nggak nyobain bikin bolu kukus, beberapa bulan lalu akhirnya tetiba saya pengen bikin lagi, mulai deh nyari-nyari resep yang katanya Anti Gagal.

Percobaan pertama, kedua, dan berikutnya bisa dibilang lumayan berhasil…Hurrayyy!, walaupun ya jangan disamain sama yg dijual di toko ya teksturnya, tapi ini setidaknya ini mekarnya beneran alias “mekrok” kalo kata orang jawa …hahahahha :D.

Percobaan pertama

Percobaan pertama

Ini saya share resepnya ya…..(padahal ini resep dimana2 ada sih :D)

Bahan :
2-3 butir telur
250 gr gula pasir (yang agak halus)
1 sdt emulsifier(saya pakai SP)
250 gr tepung terigu serbaguna
200 cc air soda (kalau pake soda manis bisa dikurangi gula pasirnya)
1 sdt Essence Vanilla/vanilla bubuk

Optional: pasta/pewarna makanan

Cara membuat:

Cara membuat:
Campur semua bahan (kecuali pewarna), lalu kocok dengan mikser dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan kental (kurleb 10-15 menit).
Setelah itu bagi/pisahkan adonan sesuai banyaknya warna yang diinginkan.
Masukkan adonan dengan variasi warna yang diinginkan kedalam cup kertas yang sudah dimasukkan kedalam cetakan bolu kukus.
Kukus bolu dengan api besar selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah matang, angkat dan keluarkan dari cetakan, dinginkan.

Nah, keliatan gampang kan?..sebenernya secara bahan dan cara sih gampang, cuman emang ada beberap trik yang menetukan itu bolkus berhasil mekar atau bantat, jadi mungkin waktu dulu itu saya nggak terlalu merhatiin hal-hal dibawah ini yang ternyata sangat penting -_-‘.

Tips &Tricks:
– Untuk yang pakai soda, sebaiknya pakai soda yang bener-bener baru dibuka dari kaleng/botol, jangan yang sudah dibuka sehari sebelumnya misalnya, dan gunakan yang bersuhu ruang.

– Gunakan telur ayam yang masih segar dan bersuhu ruangan, ini sih rule umum penggunaan telur untuk kue ya. Kalo telur udah keburu masuk kulkas ya dibiarin dulu diruangan sampai ilang dinginnya.

– Gunakan cetakan/cup almunium khusus untuk bolkus, yaitu cetakan yg ada bolong2 nya.

– Pastikan dandang untuk mengukus sudah benar-benar panas dan menghasilkan uap yang banyak. Perhatikan juga air kukusannya jangan terlalu banyak, karena kalo terlalu banyak akan banyak cipratan air (mendidih) yang bisa kena ke cup bolkus diatasnya, ini bisa mengakibatkan bantat.

– Jangan terlalu banyak jumlah cup didalam kukusan, pastikan ada space kosong yang cukup lebar antar cup, ingat bolkus butuh uap yang banyak untuk mekar, lebih baik mengukus berkali-kali tapi hasilnya mekar daripada sekali mengukus tapi hasilnya bantat, tapi juga jangan lupa menambah air kukusan dan tunggu sampai mendidih dan beruap ya kalo mau ngukus berkali-kali.

– Lapis tutup kukusan dengan serbet untuk menghindari tetesan air dari tutup kukusan jatuh ke kue.

– Setelah menutup kukusan, jangan dibuka2 sampai bolkusnya matang, sekitar 10-15 menit.

Nah…selesai sudah Bahan-Cara-dan Tips nya untuk Bolu Kukus Mekar versi pake soda ya, Selamat mencoba dan semoga berhasil supaya bisa senyum semekar bolkusnya 😀

Percobaan kedua, penampakan sebelum masuk kukusan

Percobaan kedua, penampakan sebelum masuk kukusan

Percobaan kedua, masih bisa ketawa juga :D...Yippie!

Percobaan kedua, setelah keluar kukusan, ketawa juga :D…Yippiee!

Note: Resep Bolu Kukus mekar ini banyak banget variasinya, silahkan googling untuk dapetin resep yang sesuai selera :D, saya sendiri nanti akan nyoba variasi bolkus yang lain deh biar lebih seru…Happy Baking!

Advertisements