Mencari Candi di Malang

#Throwback, April 2014

Sebenernya udah mau posting trip hasil libur lebaran kemarin, tapi sebelum lupa mendingan posting yg ini dulu deh. Kali ini tentang solo trip ke Malang. Solo lagi?..ya begitulah, karena ini dapet tiket promo Citilink yg 99rb PP, dan tujuannya adalah ke Malang pula, yang masih bisa saya akui sebagai kampung halaman (nyokap), jadilah saya sendirian pun tak apa :). Eniwei hampir lupa kalo punya tiket ini sebenernya, untungnya sekitar 3 bulanan sebelum tanggal berangkat dapet sms dari citilink yg ngabarin kalo terminal keberangkatannya dipindah dari cengkareng ke Halim….ihiyyyyy, jadi deh dapet reminder yang sangat menyenangkan, karena artinya bandaranya agak deket dari rumah pondok kelapa.
Karena trip ke Malangnya beda dari biasanya yang barengan keluarga, kali ini santai dan bebas mau kemana aja. Jadinya sengaja juga sudah dipikirin kali ini mau fokus ke wisata candi sama Museum di Malang.

Nggak banyak cerita deh di postingan ini, enjoy the pictures aja ya :).

Candi Singosari
Karena ditawarin barengan beragkatnya sama kakak sepupu yang kerja di daerah Lawang, yang mana daerah singosari pasti kelewatan, lumayanlah nggak perlu ngangkot pagi itu. Habis nganter Mbak Ita di RSJ Lawang, akhirnya di drop di pertigaan Singosari sama mas Firman, dari pertigaan itu saya milih jalan kaki aja ke candi, berhubung masih pagi juga jadi belum terlalu panas.

Candi Singosari

Candi Singosari

Candi Singosari

Candi Singosari #nofilter

Arca Dwarapala

Masih satu lokasi sama Candi Singosari, kita bisa juga lihat Arca Dwarapala. Dua Arca kembar ini semacam menjaga si Candi Singosari dari kejauhan. Tinggal jalan sedikit dari candi Singosari, kita akan nemuin si Arca Dwarapala ini.

Arca Dwarapala

Arca Dwarapala

 

Arca Dwarapala

Arca Dwarapala

Note: deket Arca Dwarapala ini juga ada yang terkenal diantara penduduk singosari dan sekitarnya, dimana akan keliatan ada tukang bakso yang rame banget, sayangnya kemarin karena masih kepagian tukang baksonya belum buka..hiks, padahal udah ngiler gara2 diwanti2 sama mas Firman harus mampir itu tukang bakso :(.

Candi Jago,Tumpang

Sehabis dari candi Singosari saya mengarah ke daerah Tumpang, dengan naik angkot ke arah terminal Arjosari dulu, sehabis itu lanjut naik angkot putih yang ke arah tumpang. Lumayan agak jauh sih perjalanannya, sekitar 1 jam-an dengan ongkos 6000 rupiah, kita turun deket pasar Tumpang dan tinggal jalan kaki kedalem. Belakangan baru tau kalo rumah dengan halaman besar persis di pertigaan arah ke candi adalah posko untuk naik ke semeru.

Sayangnya candi jago ini bener2 mepet sama pemukiman warga, malah pagernya aja dipake jemur pakaian sama warga..#miris

Gerbang Candi Jago dari kejauhan

Gerbang Candi Jago dari kejauhan

Candi Jago, tampak depan

Candi Jago, tampak depan

 

view dari atas Candi Jago

view dari atas Candi Jago

 

puncak Candi Jago

puncak Candi Jago

 

Note: masih ada 1 candi yang sudah ada di list tapi pada akhirnya nggak sempet kesana karena udah cukup gempor seharian itu. Candi Badut sebenernya adanya malah di dalem kota Malang, jauh lebih deket daripada 2 candi diatas, dulu sih sudah pernah sekali kesana, next time musti sempet deh kesana.

Advertisements