Cooking : Tahu Baso

Tahu Baso ala Widya

Tahu Baso ala Widya

Siapa suka tahu?, siapa suka baso?

Biar makannya gampang, kita gabungin aja deh itu Tahu sama Baso jadi Tahu Baso (errrrr…nggak ada yg lebih kreatif ya namanya?!). lah, pokoknya mah kan rasanya yg penting yah πŸ˜€

Tahu Baso

Bahan :
Tahu. Boleh tahu putih, tahu cina, tahu kuning, tahu coklat…terserah selera aja, ato tergantung di kulkas adanya apa.
Ayam cincang 100gr, atau bisa diganti jadi daging sapi cincang, atau udang cincang juga boleh.
Bawang merah 4 siung (ini sebenernya nggak tau pas nya seberapa ya, dikira2 aja)
bawang putih 4 siung (dikira-kira juga)
merica sekecupnya
garam secukupnya
Daun bawang, diiris halus
bumbu penyedap (kalo memang biasa pake)
telur ayam 1 butir, kocok lepas.
tepung tapioka 3 sendok makan

Cara membuat :

Siapkan kukusan, biarkan sampe sampe airnya mendidih sambil kita ngerjain adonan tahu-baso nya.

haluskan bawang merah dan bawang putih. Atau mau ikutan cara malesnya gw, akhirnya bawang merah dan putihnya cukup dicincang halus aja, soalnya males nambahin ulekan sebagai cucian piring :D. Tapi akibatnya kalo cuman dicincang halus aja bumbunya kurang berasa nge-blend sama bahan2 nya alias jadinya kurang sedep.
Kalo doyan pedes juga bisa ditambah cabe yg dihalusin misalnya, ato potongan cabe rawit, ato bubuk cabe rawit.

Campur bumbu halus dengan ayam giling, tambah merica, garam, gula (bila perlu), dan daun bawang. Setelah rata masukkan telur dan tepung tapioka, aduk rata lagi. Biar afdol sih gw suka ngetes rasanya…kalo berani makan mentahan sih tinggal colek aja dikit trus dirasain. Tapi kalo nggak tegaan sih ya bisa dicoba digoreng dikit aja sampe agak mateng trus dirasain apa yg kurang.

Siapin tahu nya, potong sesuai selera, misalnya kalo tahu yg kotak kecil gitu ya nggak usah dipotong tapi tinggal dikorek sedikit aja salah satu bagiannya, supaya nanti baksonya bisa agak nempel/nggak lepas, dan juga biar bisa banyakan dikit isi baso nya.

Untuk tahu cina misalnya, tinggal dipotong 4 atau 6, ya pokoknya dikira-kira aja sepantesnya, mau dibikin sekali hap ato bisa digigit beberapa kali, kan kalo yg makan mulutnya bisa mangap gede banget macem kuda nil, kalo dikasih tahu cina utuh tanpa dipotong juga masih bisa ya πŸ˜€ *sekate-kate*.

Nah kalo adonan baso sudah siap, dan tahunya juga udah siap..tinggal diisi deh tahunya sama adonan baso..maksudnya diisi ya bisa bener2 diisi didalemnya (untuk tahu coklat/kopong) ato kalo tahu putih/kuning, tinggal ditempel di bagian yg udah dikorek sebagian trus dirapiin aja deh adonan baso diatasnya. (kalo bingung sm penjelasan ini, silahkan liat gambar yg udah jadi aja ya biar ada bayangan :D).

isi/tempel tahu sampe adonan baso nya habis.
Kukus tahu-baso nya sekitar 20-30 menit hingga matang.

*Note: Chef abal-abal ini nggak pernah pake ukuran yg pasti ya, jadi dikira-kira aja sesuai selera :D, dan kalo mules-mules setelah makan, ya salahin diri sendiri dong kenapa pake bahan yg bisa bikin sakit perut πŸ˜›

Advertisements