SIN-MAL TRIP #DAY 6, BATU CAVES

Kita buka pake foto narsis eike dulu ya 🙂

Hello Batu Caves!

Hello Batu Caves!

Batu caves gampang banget dituju, kalo dari KL sentral tinggal naik KTM Komuter bayar 2RM, naik sampe mentok stasiun terakhir…nyampe deh :). Nggak jauh dari stasiun kita akan disambut sama patung Hanoman warna Ijo, masih bingung sih, kenapa Hanoman warnanya Ijo ya? setau gw sih warnanya putih :).

Tiket Kereta - Kondisi dalem kereta

Tiket Kereta – Kondisi dalem kereta

Disambut Hanoman

Disambut Hanoman

Ada apa sih di Batu Caves? Batu Caves itu sebenernya semacam gua di dinding/bukit batu yang didalemnya ada Kuil nya, Kuil ini adalah Kuil nya agama Hindu. Untuk bisa masuk kedalam kuil ini kita harus naik sekitar 272 anak tangga, lumayan ngos-ngosan pastinya :). Sebagai tanda yang nggak mungkin kelewat, dari kejauhan pun kita bakalan liat patung besar banget berwarna emas di samping tangga, itu adalah patung Murugan, salah satu dewa Hindu. Patung Murugan disini juga adalah patung Murugan yang tertinggi di dunia.

Patung Murugan yg berlapis emas

Patung Murugan yg berlapis emas

Di dalem gua ini ada beberapa bagian kuil, dan ngelewatin masing masing bagian kita akan naik beberapa anak tangga lagi, jadi semacam ruangan2 yg dipisah anak tangga. Disekitar batu caves ini masih banyak monyet berkeliaran, selain itu di pelataran sebelum naik tangga kita juga bakalan liat burung merpati yang berseliweran.

Ruangan gua

Ruangan gua

Salah satu tempat berdoa

Salah satu tempat berdoa

Lubang diatas gua

Lubang diatas gua

Salah satu tempat berdoa lagi

Salah satu tempat berdoa lagi

pemandangan yg patung Murugan liat setiap waktu :)

pemandangan yg patung Murugan liat setiap waktu 🙂

