SIN-MAL TRIP #DAY 4, CROSS THE BORDER, FROM SIN TO MAL

Di trip kali ini, yg sudah direncanakan jauh-jauh hari, gw nggak mau rugi hanya dengan nyambangi 1 negara doang, apalagi sebelumnya udah pernah ke singapore juga. Karena itu, pas hunting tiket sengaja pula langsung ngerencanain trip ke negara tetangga, lumayan kan itung2 nambahin cap di paspor :).
Alhasil gw beli tiket nggak langsung PP, tapi sengaja beli JKT-SIN, trus KL-JKT, iseng banget ya? sendirian pula..hehehehe…there will be surprise later, keep watching ya :P.

15 Feb 2014
Setelah nyoba untuk pertama kalinya nginep di hostel di singapore, cuman semalem doang pula. Pagi sekitar jam 5 an lewat udah bangun dan siap2 packing buat checkout dan lanjut ke Malaysia via darat. Sekitar jam 7 an kurang udah siap checkout, well sebenernya proses checkout nya cmn ninggalin kunci di meja reception aja sih abisan meja reception baru ada orangnya sekitar jam 8 an pas waktu sarapan, alhasil eike nggak bs sarapan juga deh karena sarapan blm disiapin.

Berdasarkan hasil googling, cara untuk menuju Malaysia dari singapore via darat ada beberapa alternatif, misalnya naik MRT sampe ke deket border trus tinggal naik bis ke Johor, atau naik bis SBS Transit yg reguler gitu ke Johor, atau naik bis cepat gitu yg jg bisa langsung ke kota tujuan di Malaysia misalnya ke KL.
Setelah dipertimbangkan beberapa alternatif tersebut, akhirnya gw memilih naik bis no 170 dr halte disamping stasiun MRT Little India, bis no 170 itu tujuan akhirnya di terminal bis Larkin yg ada di Johor Bahru.
Info aja, bahwa Johor itu adalah negara bagian Malaysia yang berbatasan dengan Singapore, jadi setiap kita ngelewatin border Singapore-Malaysia maka kita akan masuk ke Malaysia lewat Johor.

Bis no 170 yg gw naikin ini isinya agak kosong, tapi pas sekitar mendekati perbatasan Singapore yaitu sekitar daerah Woodlands, akan mulai banyak tuh penumpangnya. Kenapa gitu? karena di mendekati perbatasan banyak juga warga negara malaysia yang kerja di singapore, berhubung sebenernya nggak terlalu jauh jaraknya, dan mereka PP kerja Singapore-Malaysia…ya kalo di kita macem orang bekasi yang kerja di jakarta aja, cmn ini mah urusannya lintas negara bukan cuman lintas propinsi. Mendekati perbatasan lah akhirnya kita akan ngerasain macet, macetnya juga karna antrian imigrasi sih, dimana untuk masing-masing jenis kendaraan jalurnya terpisah antara motor, mobil pribadi, bus, dll.

Jarak tempuh dr naik bis di halte Little India sampe ke Larkin (Johor) sekitar 1-2 jam an, yg agak makan waktu itu adalah proses di imigrasi nya sebenernya. Dimana pas keluar singapore kita akan turun dari bis dan masuk ke gedung imigrasi untuk di cap tanda keluar Singapore. Setelah itu kita akan naik bis lagi untuk menuju ke gedung imigrasi Malaysia untuk di cap paspor masuk, dan abis itu kita akan naik bis lagi untuk akhirnya sampai di terminal larkin.

Pas proses naik-turun bis ini yg agak ribet, karena semua barang bawaan kita bawa turun bis, kenapa? karena setelah masuk gedung imigrasi next nya kita harus naik bis lagi yang belum tentu bis yang sama yg kita naikin pertama kali. Pokonya intinya kita boleh naik bis yg tujuan nya sama (nomor bus sama) seperti yg kita naikin pertama kali, walaupun bis nya beda tapi kita nggak akan bayar lagi (tapping kartu EZ link setiap naik/turun bis, jd akan ke detect terus walaupun bisnya beda). Lain halnya kalo kita terlanjur naik bis yg beda-beda maka kita bakalan harus bayar lagi deh, maap nih gw nggak bs jelasin kalo pake cara bayar biasa gimana, soalnya selalu ngendelin pake kartu EZ link biar gampang :D.

Antrian imigrasi (katanya) biasanya akan cukup panjang disaat weekend, jadi ya sabar2 aja, kemarin sih kebetulan ngerasain di hari sabtu tapi ya menurut gw masih normal sih ada antrian sekitar 10-15 orang per line nya.

Notes : Berhubung Johor bahru itu terhitung deket dr Singapore, maka banyak orang yang akan ke Legoland di Johor lebih milih nyari flight ke Singapore dan penginapan di Singapore, jadi mereka cmn akan legoland dan sekitarnya pulang hari.

Sorry, no picture for this time, abisan pas lewatin border bawaan eike banyak banget jadi udah susah mo megang2 hp ato kamera, selain itu di dalem gedung imigrasi jg gabole foto2 deh.

BeFunky Design2

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s