Metallica on my birthday ^_^

Mumpung masih anget, dan sampai dengan hari ini gw masih belom bisa move on dari Metallica, dimana gw masih aja humming-in Nothing Else Matter :D.

Metallica

Metallica

> How we get the Ticket
Sebenernya gw bukan fans berat dari Metallica, gw sekedar tahu lagu-lagunya dan hanya hafal beberapa lagu aja (itu juga itungannya yang slow ya).  Tapi berhubung gw semacam dibesarkan bersama lagu-lagu mereka akibat kakak gw yang cewek dulu sering banget muterin kaset mereka (KASET sodara-sodara…kebayang kan lahir di jaman apa gw dulu..:D).

Dan gw menganggap bahwa Metallica itu sangat legendaris di jamannya, maka pas gw denger Metallica bakalan manggung di Jakarta gw cukup excited untuk nonton. Sayangnya orang2 di lingkaran pertemanan gw kok sampai hari2 menjelang konser mereka nggak ada yg sounding pengen nonton, karna cewek2 juga kali ya jadinya nggak ada yg minat sama grup metal. Sampai suatu hari (22 Agustus) di grup WA ada 1 orang (Anjava) yg nanya mo pada nonton apa nggak. Akhirnya gw langsung WA in aja Anjava, dan setelah gw pastikan bahwa dia memang berminat nonton, kita sepakat untuk cari tiket..lebih tepatnya sih gw yg cari tiket  :).

Setelah mencari-cari yg jual tiket online untuk kelas yang paling mahal murah yg masih ada, akhirnya di hari jumat (23 agustus) konfirm lah gw pesen 2 tiket (purple B, seharga @Rp440.000) di blackboxtix.com yg merupakan promotor nya konser Metallica sendiri, soalnya di beberapa web yg gw coba ternyata sudah habis dan hanya tersisa di mereka.

Sesuai dengan rule pembelian tiketnya, bahwa penukaran e-voucher menjadi tiket aslinya dilakukan di hari sabtu (24 agustus), maka jadi tugas Anjava lah yg nukerin tiketnya karna mengingat dia berkantor di sekitaran jaksel yg lebih deket ke GBK, dan kemarin juga pas pesen sengaja pake data (ID/KTP) nya Anjava, karena yg nuker tiketnya harus bawa KTP asli yg beli :).

the ticket

the ticket

> The D day! (25 Agustus 2013)

Berhubung eike berangkat dari pondok kelapa dan Anjava dari depok, akhirnya kita ketemuan di pancoran. Kita nggak langsung ke GBK dulu karna Anjava mau naro tas di kantornya dulu di Fatmawati, sekitar setengah 6 an baru deh kita meluncur ke GBK.

Salah satu kecerobohan gw dalam membeli tiket kemarin itu adalah gw lupa memperhatikan entry gatenya :D, dalam keadaan normal GBK sih bener bahwa yg gw pilih adalah tribun di pintu IX GBK tempat biasa gw dan temen2 main squash, etapi ternyata entry gate buat kelas purple adanya di yg dari arah TVRI dong hehehehe.., alhasil malem itu kita muterin 1/2 lapangan GBK pas mau masuk, dan 1/2 lapangan lagi pas pulang…pas deh 1 keliling GBK 😀

Adalagi deh kecerobohan yang terjadi malem itu, pas mau berangkat dari kantornya menuju GBK Anjava memutuskan bahwa dia tidak akan membawa tas atau dompet, jadilah yang dia kantongin di jeans nya sore itu adalah KTP, SIM, STNK, dan uang secukupnya aja. Nah, pas kita ngantri masuk di gate, tiba2 salah satu crew konser yang bawa toa kasih pengumuman…”telah ditemukan STNK motor jenis bla..bla..bla, yg merasa kehilangan silahkan menuju ke tenda informasi”, untungnya Anjava menyimak pengumuman itu (karna gw aja lupa yang td dia pake itu motor apaan :P)…….daaaaaannnn…ternyata itu adalah STNK motornya Anjava yang jatoh *tepok jidat*. Alhamdulillahnya masih rejekinya Anjava dan nggak pake acara belibet, Anjava sempet ngejar masnya yg td ngasih pengumuman, dan memang masnya itu masih megang itu STNK nya, dan setelah terkonfirmasi bahwa itu bener motornya Anjava langsung dikasiin deh STNK nya, dan kitapun lanjut ngantri lagi.

Sebenernya ada satu alasan lagi kenapa gw excited banget nonton Metallica, selain karna mereka legendaris, juga mereka manggung di tanggal yang tepat, yaitu di 25 Agustus….which is..it’s my BIRTHDAY….HAHA :D. Jadi gw bisa ngayal bahwa mereka konser memang untuk ulang tahun gw….wakakakakak. Padahal ya, dengan tiket seharga 440rb itu gw cmn bisa nonton dari tribun yang hanya bisa ngeliat panggung itu kecil banget, nah kalo panggung aja keliatan kecil apalagi orang yang ada di panggung itu kan?!..tapi itu gak masalah sodara-sodara..itupun udah cukup kok, dan udah lumayan kebantu juga sama layar LCD yang ada disamping panggung jadi kita masih bisa liat mereka beraksi.
Dan kalo menurut Anjava dia pengen ngerasain ambience yang pasti seru banget dari Metallica, and of course I agree with that :).

kelas Purple aja udah cukup :)

kelas Purple aja udah cukup 🙂

> Yes, they are LEGEND..
Metallica, band asal America yg beranggotakan James Hetfield (Vocal-gitar), Kirk Hammet (gitar), Lars Ulrich (drum), dan Robert Trujillo (bass), memang nunjukin bahwa mereka hebat di kelasnya, di usia mereka yang udah menjelang kakek-kakek, mereka beneran nggak ada matinya. Dari awal pembukaan aja gw udah takjub karena mereka bawain beberapa lagu-lagu yg tergolong keras (buat gw) tanpa berhenti dan tanpa kelihatan kehabisan tenaga samasekali.

Panggung

the stage

Jujur aja meskipun gw kurang familiar dengan lagu-lagu mereka yg rada “keras” tapi gw ikut headbanging kecil-kecilan (baca : angguk-angguk kepala :D), it means I can really enjoy their song. Dari (yg katanya) 18 lagu yang mereka bawain (mana gw itung lagunya deh, kadang berenti sm mulainya aja gw nggak nyadar itu lagu apa *fans nanggung beneran gw mah* :D), gw palingan cmn familiar dan bisa ikutan nyanyi di 3-4 lagu doang…yang termasuk slow itu juga macem Nothing Else Matter. Tapi beneran deh menurut gw itu konser “PECAH” banget pada saat kita macem karaokean bareng nyanyiin Nothing Else Matter sama nyanyiin Entersandman..termasuk gw doong ikutan nyanyi :D.

Dan nggak kerasa mereka 2 jam lebih ngasih suguhan keren buat penonton, dan penonton juga sama nggak abis2 energinya buat nunjukin excitednya akan Metallica. Aksi panggung mereka juga bukan cuman music lho disana, mereka bisa ngelawak juga :D, dengan pura2 udahan dan mereka masuk kedalem, sampe akhirnya kita pancing dengan teriakan “we want more” berkali-kali akhirnya mereka balik lagi..yeaaaayyy…ditambah ada balon-balon gede yang mereka lemparkan ke penonton festival supaya menggelinding diatas mereka, yang bikin keliatan bagus dilihat dari tribun.

the stage - lighting

the stage – lighting

Meskipun 20 tahun lalu pas mereka konser sempet diwarnai rusuh, tapi kali ini konser mereka sukses besar (menurut gw). Gw sendiri sebagai cewek nggak ngerasa khawatir sama sekali bahwa gw bakalan bersama puluhan ribu fans Metallica dan nggak sama sekali juga ngebayangin itu konser bakalan rusuh, kenapa bisa gitu? Karna gw sudah memprediksi bahwa penonton konser Metallica ini adalah angkatan “metal” yg sudah pada mapan (secara mental dan attitude), gimana nggak…lha wong kebanyakan yg nonton itu pasti angkatannya diatas gw kok..yg cocok jadi om gw, atau bahkan bokap gw…dan sisanya adalah angkatan2 dibawah gw yang masih kebetulan mendapat pengaruh besar dari Metallica soal music metal. Bisa dibilang ini adalah konser metal yang sopan *apadeh bahasanya* 😀

Yang cukup special lagi adalah, konser mereka di Jakarta ini selain comeback nya mereka setelah 20 tahun ke Indonesia, ini juga merupakan konser penutup(terakhir) dari rangkaian tour mereka ke Asia, so no wonder mereka dirubungin oleh sekitar 50ribuan penonton yang antusias.

Kesuksesan konser Metallica ini juga pastinya kan didukung sama beberapa hal ya…*ya iya cong, masa mereka ujug2 aja manggung tanpa ada yg ngatur*, nah jadi menurut gw sukses lah si promotor Blackbox Entertainment menyelenggarakan konser ini, selain tata panggung yang cukup oke, lighting ok, terpenting lagi sound yg oke, dan juga nggak lupa pengaturan tiket,administrasi, security yg lumayan rapi lah.

the stage - the crowd

the stage – the crowd

Kecolongan dikit itu biasa deh, kan namanya peraturan ada buat dilanggar yak *jgn dijadiin contoh ya adek-adek*, misalnya kemarin itu di konser yang diperaturannya kita tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam arena (batas berjualan resmi cmn disekitar jogging track), eh..tetiba aja ada tukang minuman yang secara illegal jualan di dalem, malah semakin malem ditambah pula tukang tahu yang dagang :D…ooooiiii, macem terminal bis ya, tau begitu kan gw bisa nyusup masuk gratisan plus dapet untung karna jualan air mineral yang biasanya dijual 3rebu jadi 15 rebu cong :D.

Antusiasme para penonton juga masih berasa sampe diakhir konser, dimana ketika konser selesai, penontonnya pada males bubar gitu..masih banyak yg duduk-duduk di tribun (termasuk gw dan Anjava), sampe akhirnya setelah sekitar 1/2 jam an kemudian kita mulai diusirin sama polisi-polisi disuruh bubar karena gatenya mau cepet ditutup.

> Only in Indonesia
Few funny things that happen..sewaktu nunggu mereka mulai manggung, yg notabene telat sekitar 15-10 menit, tetiba dari salah satu ujung barisan penonton berinisiatif memulai hand “wave”, serunya wave ini sampe berkali2 nggak berhenti dari ujung ke ujung..
Selain itu terdengar juga teriakan bernada “EEEEEEEEAAAAAAA…..EEEEEEEAAAAAAA” *dilaguin ala OVJ ya*, hal2 itu lumayan bikin kita tersenyum dikala udah nggak sabar nunggu mereka manggung :D.
Disaat terakhir penampilan mereka, tiba2 mereka dapet aja gitu bendera Indonesia yang bertuliskan Metallica, Solo-Indonesia, dan mereka berpose lah dengan megang bendera itu….halahhhhhh, ini ya anak buahnya pak Jokowi bisa aja deh 😀

Metallica - Solo - Indonesia :D

Metallica – Solo – Indonesia 😀

*foto ini diambil dr http://www.metallica.com

>They are happy about Us
Di website resmi mereka http://www.metallica.com, di bagian tour journal, mereka menuliskan :

We Love Jakarta!
August 25, 2013
What an amazing show to end this run of shows in Asia. That was the loudest I ever heard a crowd sing Sandman in a very long time. Plus a few mosh pits broke out during Seek. Full setlist is up, pics to come…

We Love Jakarta!

We Love Jakarta!

See…see…see…nggak nyesel nonton Metallica pokoknya…
Enjoy the picture ya..
All picture on concert taken from S4 nya Anjava, soalnya HP eike kualitas gambarnya kurang banget kalo di tempat gelap -_-“

Dan sekali lagi Thanks berat buat Anjava (@andsyah) yg udah jadi partner nonton gw dan juga buat hadiahnya *kecup basah virtual* 😛

Dan of course thanks for Metallica for the amazing performance, cuman yang kurang adalah mereka nggak nyanyiin lagu Happy Birthday aja buat gw *siapa looooo* ..HAHAHA 😀
This year is one of my best birthday ever!!

SALAM METALLLLLLLL…..

pose dulu ah...yeeaahhh!!

pose dulu ah…yeeaahhh!!

METAAAALLL !!

METAAAALLL !!

*numpang nampang ah, eh gw kok rada putihan ya disini.. *udah diedit wooii fotonya :D*

Note: dikarenakan ini konser di hari minggu malem, dan gw baru nyampe rumah sekitar jam 1-an kurang (dinihari) dengan diantar Anjava pake motor , dan baru bisa tidur sekitar setengah 2 an, dan juga harus sudah bangun jam stengah 5 pagi (which is gw cmn tidur 3 jam)…maka paginya di kantor gw berasa mirip zombie dengan mata kuyu, badan lemes dan ngantuk serta kepala yang sangat berat bagai ditemplokin gajah .

Request deh buat para promotor supaya kalo bikin konser dicari hari yg besoknya libur aja gitu, or wiken deh.. *alesan banget deh, padahal mah emang soal fisik aja yg udah ga kuat diajak begadang*..pan kata bang Rhoma juga :  “Begadang jangan begadaaang…bila tiada artinyaaaaa..” 😀

