Nasi Liwet Super Duper Easy

Image
bumbu nasi liwet

Kalo suka sama nasi yang rasanya udah gurih meskipun tanpa pake lauk, dan bikinnya nggak repot pastinya…hehehehe, ini ada resep mudah dan murah tapi enak rasanya.
Lumayanlah ini buat kalo bosen makan nasi putih yang gitu2 aja, cocok buat pas kumpul keluarga di hari minggu ato libur.

Sebenernya ini adaptasi dari nasi liwet sunda, tapi ini gw nggak pake santen, udah gitu dimasaknya pake magic jar/magic com aja, jd nggak repot deh.

Bahannya:

(bisa juga liat di gambar yg bikin diatas, gambar bumbu hasil searching google yak)
2 cup beras putih, cuci
5 siung bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 ruas lengkuas (+/- 1 cm) digeprek
1 batang sereh, digeprek
2 lembar daun salam
1 atau 2 buah cabe merah, diiris (kalo suka, biar ada rasa pedesnya dikit)
Teri goreng, secukupnya (kalo suka)
garam, gula secukupnya (ato kalo nggak anti pake bumbu penyedap masakan bisa ditambahin biar lebih gurih rasanya, dan bisa pilih juga pake kaldu jamur yg nggak pake msg)
2 sdm minyak goreng
Air secukupnya (bs pake aturan 1 ruas jari lebih dikit biar gampang) or gw biasanya sekitar 3 cup lebih dikit airnya (untuk 2 cup beras)

note :
ini cup beras yg gw pake adalah cup nya magic jar yg ukuran kecil ya, maklum anak kos-an jd nya punya nya yg kecil, untuk yg besar ya tinggal tambahin/disesuai-in aja deh bumbunya. 2 cup juga udh bisa buat ber 4 ato ber 5 (asal bukan tipe kuli smua yg makan ya :D)

Cara masaknya :
Setelah beras dicuci, tinggal tambah air dan masukin smua bumbunya, aduk-aduk biar rata.
Masukin deh ke magic jar, jangan lupa teken tombol “cook” nya ya…kan nggak lucu udah dimasukin dan ditutup tapi nggak dipencet or malah belom dicolokin ke listrik 😀
Nah, kalo kira2 udah setengah mateng..ato misalnya udh 10-15 menit dan baunya udah kecium harum dan airnya udh surut, diaduk biar bumbunya rata, soalnya biasanya itu
bumbu dedaunannya suka ngumpul diatas. eh iya, ati2 ya sama uap panasnya pas buka tutup magic jar nya.
Nah, setelah diaduk, tutup lagi deh sampe akhirnya mateng dan tombol cook nya pindah ke warm, ditunggu sekitaran 5 menit biar “tanek” kalo kata nyokap, dan Voila! it’s done and you can bring your plate guys 😀

Sabar ya nunggu matengnya, soalnya sumpe ini nasi wangi banget deh pas dimasak, bikin laperrrr..

FYI, kalo baca2 di tempat lain, ada jg yang bumbu2 nya ditumis dulu sebentar lalu dituang smuanya deh di beras yang udh dicuci dan ditambah air.

Untuk lauknya apa deh yg enak buat makan ini ya?…hayaaahhh, itumah terserah!!, cuman pake telor dadar aja udah enak deh, apalagi kalo pake daging/ayam/ikan goreng,
sambel-lalap, kering tempe..hadeuuhhhhh….*jadi laper dan ngiler dah*, orang nasi ini tanpa lauk juga udah enak kok :D.

Udah ah, monggo dicoba deh ya…laporan kalo pada berhasil ya 😀
Maap ya, ga punya gambar yg udah matengnya, soale keburu abis diserbu 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s