Makassar

I’m baaaaack!, setelah beberapa bulan blog ini tidur nyenyak, padahal banyak banget yg udah kelewat, sampe akhirnya lupa runutan ceritanya *keplak kepala sendiri*. Sebenernya ini udh sempet gw jadiin draft di notepad gw sejak lebih sebulan lalu, bahkan gambarnya pun udah duluan di edit padahal tapi entah males mengalahkan segalanya, dan akhirnya di hari minggu yang terik (dan tetiba hujan) ini gw memaksa diri gw untuk menuliskan sisa2 cerita di otak gw sebelum detailnya jadi blur karena umur alias lupa…huahahaha…

Jadi trip ke makassar ini akan gw bikin beberapa bagian yaaa..untuk yg pertama ini tentang makassarnya sendiri, berikutnya tentang toraja, dan berikutnya tentang bira dan sekitaran makassar.

Makassar

Kembali berjodoh sm Air Asia, kali ini ke dapet tiket 90ribu rupiah sahaja untuk rute CGK – UPG – CGK. . . Cihuy ga siihhhh *lebay*. Booking tiket di bulan november untuk keberangkatan januari, tumben nih biasanya dapet tiket promo untuk berangkat hampir setahun kedepan, tapi kali ini tidak!, kita pengen berangkat lebih cepet padahal termasuk nekat karena musim ujan lagi asik-asiknya nih, tapi ya sudahlah, que sera-sera 😀
My partner in crime trip kali ini Wina Welly (lagi) :D. Pas ditawarin tiket langsung udh request harus ke toraja pokoknya, oke deh chiet…..siapa takut, widya ditantangin 😀 huahahahahaha.
Beberapa hari sblm berangkat br mulai sibuk matengin itinerary kasar yg udh kita buat sebelumnya, nggak lupa booking bus ke toraja dan penginapan juga.

Hari H dateng juga akhirnyah, approval cuti selama 3 hari udah ditangan dr akhir tahun, sengaja request cuti jauh2 hari supaya bos nggak bawelin dan berubah pikiran 😀 *modus banget deh*. Trip dimulai tgl 10 januari, dan balik ke jakarta tanggal 15 januari 2013.

Hari pertama begitu sampe bandara dijemput sm temen kantor cabang sana. Lumayan ada kantor disana jadi bisa nitip ransel bahkan bisa nebeng mandi gratis karena kita blm booking penginapan dan malemnya kita langsung capcus ke toraja.

Satu hal yg di syukuri pas nyampe makassar adalah ketika temen yg jemput gw cerita kalo dr tanggal 1 jan sampe tgl 9 jan itu di makassar turun hujan setiap hari, bahkan mirip2 hujan badai gitu sampe banyak baligo yg patah dan roboh, sementara hari itu pas gw dateng cuacanya cerah, sampe gw dibilang pawang sm temen gw :D.

Kelar beresin barang bawaan dan ramah tamah sama temen2 di cabang akhirnya kita keluar buat makan siang. Berhubung temen gw yg di cabang ini adalah orang jawa aseli dan nampaknya sering homesick, gw tidak bisa menolak ketika diajak makan ke rumah makan jawa hahahahahaha, oke deh demi carol yg udah baik jemput dan nganter gw mah nggak masalah kalo diajak makan pecel ato rawon hahahaha :).

Kelar makan siang gw berdua di drop sm carol di pantai losari karena memang kita udah rencana mau ngabisin siang-sore di sekitaran losari aja. Jadi akhirnya perjalanan siang itu dimulai dari masjid apung dan nyusurin jalan sepanjang losari sampe ke fort rotterdam sampe 2 kali bolak-balik karena ternyata si coto nusantara yg pengen dituju itu lokasinya setelah fort rotterdam, dan sementara si es pisang ijo itu adanya di deket pantai losari lagi,
sempet juga nyusurin jalan somba opu yg isinya toko oleh-oleh…jauh jek bolak-baliknya, dan akhirnya kita sempet naik becak juga karena udh kecapean sementara malem ini musti nyiapin fisik dan mental *tsahhh*  buat perjalanan ke Toraja naik bis malem.

Setelah ditutup sama es pisang ijo, dalam kondisi capek dan kekenyangan, akhirnya kita balik ke kantor di Urip Sumoharjo naik taksi. Sampe di kantor kita re-packed tas buat persiapan ke Toraja, berhubung di Toraja jg kita nggak nginep jadi yg dibawa nggak terlalu banyak. Nggak lupa kita juga mandi karena kita nggak tau besok di toraja sempet mandi ato nggak hehehehehe…

OK…jadi kemana aja pas di Makassar?…here’s the simple recap

1. Masjid Apung/ Masjid Amrul Mukminin
Termasuk landmark baru di sekitaran Losari, cukup unik bentuknya, malah kemarin itu lantai atas belum berfungsi sepenuhnya, listrik/lampunya masih mati diatas, sayangnya kok udah bocor/tampias di atas.

Lokasinya gampang ditemuin, deket kemana-mana, dari lantai paling atas juga kita bisa liat Trans Studio Makassar dari jauh.

Image
mesjid apung

2. Pantai Losari
Udah pasti ini di landmark tulisan PANTAI LOSARI yang geda itu, disekitar situ juga ada tulisan gede yang isinya MAKASSAR dan BUGIS, warnanya merah pulak.

Sempet foto2 mumpung masih sepi, ya iyalah sepi lha wong kesitunya pas matahari lagi lucu2 nya diatas kepala :). Di pantai ini akan rame kalo menjelang sore untuk liat sunset, ada jg yg mancing di sekitaran pagar temboknya.

Image
pantai Losari
Image
sunset pantai losari

3. Fort Rotterdam
Jujur gw sendiri nggak gitu tau sejarah benteng ini, dan nggak nyari tau juga sih, jadi monggo dicari sendiri dh sejarahnya ya :). Tapi ngeliat kondisi fisik benteng ini yang cukup terawat bikin agak seneng liatnya, didalemnya ada musium juga.
Lokasi benteng ini cukup gampang dituju karena masih satu garis pantai losari, sekitar 1-2 Km an dari masjid apung (kayaknya :D).
Di sekitaran depan fort rotterdam itu berjajar tukang es kelapa dan lain2…kayaknya sih kalo malem semakin rame, selain itu juga ada pelabuhan/dermaga penyebrangan ke pulau kecil di sekitaran situ, sayangnya kita nggak sempet explore pulau2 karena selain nggak sempet kebetulan pas air laut lagi nggak bersahabat ombaknya, jd kita di darat dulu deh sementara :D.

Image
Fort Rotterdam

4. Jalan Somba Opu
Berniat nyari oleh-oleh?…disinilah pusatnya. Etapi ya, oleh2 disini paling mahal harganya kayaknya, soalnya yang berjajar disini juga puluhan toko emas…yak..perhiasan emas sodara-sodara. Malahan kayaknya banyakan toko emasnya dibanding toko souvenir/oleh2nya..hehehehehe.
Tapi tenang toko oleh2 nya banyak kok, jadi mau pilih apa sebagai oleh-oleh?, standarnya sih ya macem kacang disko, sirop markisa, atau makanan dari sekitaran makassar juga banyak, macem dari daerah manado yg ada kenari2 nya gitu. Ato mau yg barang kayak sarung ato kain khas makassar, atau minyak kayu putih dan minyak tawon..silahkan dipilih kakak :D.
Kalo nyusurin somba opu bakalan ketemu masjid Anshar, yang ternyata salah satu masjid tertua di Makassar yang didirikan oleh Sultan Ternate. Kemaren kita sempet sholat sekalian neduh disini ternyata.

Jl. Somba Opu
Jl. Somba Opu

5. Coto Makassar
Nggak sempet nyari referensi soal makanan khas ini, akhirnya kita menyerah di Coto Makassar Nusantara ajah, yang katanya juga udah paling enak sih di makassar, dan emang sih menurut gw :D. Lokasinya di jalan Nusantara, nggak gitu jauh dari fort rotterdam. Kalo kita keluar dari fort rotterdam tinggal jalan ke arah kanan, trus lewatin pertigaan yg ada macem tugunya lurus aja, nanti ada deh di sebelah kanan jalan (masih sejajar fort rotterdam).
Karena males nyari referensi yg lain, kita sampe 2 kali makan disini, yg sekali lg kita iseng makan siang di pinggir jalan sekenanya (lupa namanya) karena kita udah bener2 kelaperan dan nggak sempet sarapan, tapi rasanya lumayan juga kok. Jangan-jangan itu karena sebenernya coto makassar emang enakk :D.

Coto Makassar Nusantara
Coto Makassar Nusantara

6. Es Pisang Ijo
Tadinya kita berdua kira kalo akan gampang nemuin es pisang ijo di tempat makan coto makassar…salah besar ternyata sodara2, di coto makassar nusantara pun nggak jualan es pisang ijo..huhuhuhuhu…
Akhirnya setelah sempet browsing kita menuju ke sekitaran losari lagi untuk nyari itu es. Ada dua tempat yg bersebelahan yang jual es pisang ijo dan pallubutung yaitu di restoran pantai Indah dan restoran sentosa, ahirnya kita nyoba yang sentosa dulu sore itu. berhubung kita nggak rela sharing es pisang ijo yg padahal porsinya 1 piring makan itu, akhirnya kita sharing es pallubutung aja, sementara pisang ijo nya masing2 pesen seporsi..hahahahaha :D.
Kali berikutnya kita makan yg di Pantai indah, menurut gw sih enakan es pisang ijo rasanya yg di Sentosa, dan harganya pun sedikit lebih murah.

Es pisang Ijo
Es pisang Ijo

7. NyukNyang
Apakah itu? Nyuknyang sebenernya adalah macam bakso/bakwan kalo di jawa, bedanya ada baksonya yg bentuknya kotak, kalo soal rasa sih ya lumayan lah untuk ukuran rasa bakso diluar pulau jawa yang biasanya suka aneh rasanya. Kalo di makassar nyuknyang nya adalah daging sapi, kalo udah masuk ke daerah yang
mayoritas non muslim, maka si Nyuknyang ini akan bertranformasi ke daging babi, misalnya pas di daerah toraja, jadi liat-liat dan tanya2 dulu ya sebelum makan.
Kemarin sempet nyobain Nyuknyang nya di restoran pantai indah. info aja, kedua restoran yg gw sebut tadi jualannya hampir-hampir mirip menunya, sayangnya  kita nggak sempet nyoba banyak macem karena keterbatasan space perut 😀 *tumbeen*.

Nyuknyang
Nyuknyang

8. Pisang Epe
makanan ini gampang banget ditemuin sepanjang losari, tinggal pilih mau gerobak yang mana. Gw sendiri akhirnya cuman nyoba sekali doang, itupun belinya akhirnya dibungkus dan dimakan di penginapan.
Jadi makanan ini intinya pisang yang dibakar trus dijepit pake kayu, trus dikasih topping yang standarnya kelapa-gula merah cair (unti kalo di jawa). Nah sekarang toppingnya udah banyak variasinya, ada yg keju, coklat, bahkan duren :D.

*yg ini maap kaga ada gambarnya ya

9. Lapangan Karebossi
Sempet beberapa kali lewatin lapangan ini, tapi nggak sempet mampir karena udah kecapean dan ngejar waktu. Hiks..mungkin lain kali yaaaa…

Diatas sempet gw ceritain kalo makassar sempet ngalamin hujan terus-terusan dan badai sebelum gw dateng, dan akhirnya di hari terakhir gw di Makassar akhirnya gw ngalamin juga itu badai. Pas lagi ngopi dan ngemil di sebuah cafe di pertigaan jalan deket jalan somba opu akhirnya kita terjebak cukup lama sambil nunggu badainya berenti. itu Hujan badai nyeremin banget sampe kursi yg agak berat aja bisa bergeser sendiri kena angin, akhirnya setelah badai berenti dan tinggal gerimis aja, kita nekat jalan kaki di jalan somba opu.

dan…..demikianlah sedikit cerita tentang makassar. Dan sepertinya gw baru sedikit explore kota makassar, maybe next time ya kita kembali ke makassar..

update :

Rangkaian cerita trip Makassar dan Toraja bisa dibaca di link2 berikut ya :

https://widyaps.wordpress.com/2013/05/13/amazing-journeytana-toraja/
https://widyaps.wordpress.com/2013/03/24/makassar/
https://widyaps.wordpress.com/2013/04/10/menuju-toraja-2d1n/
https://widyaps.wordpress.com/2013/05/17/mendung-di-tanjung-bira/
https://widyaps.wordpress.com/2013/06/13/itinerary-makassar/
https://widyaps.wordpress.com/2013/09/23/jejak-purba-di-leang-leang/

 

Advertisements

6 thoughts on “Makassar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s