Sate Maranggi

Kalo yg dulu pernah ke Bandung sebelum ada jalan tol cipularang, minimal pasti udah pernah liat tempat ini or makan ini deh…Sate Maranggi, kebetulan yg gw posting ini adalah yg lokasinya di Jl Raya Cibungur, posisinya ada di pinggir jalan raya cibungur, kalo dari pintu tol cikampek belok ke kanan arah Purwakarta, adanya di sebelah kiri jalan. Yang pasti karena tempatnya cukup besar dan rame, harusnya sih nggak bakalan kelewatan ya. Dulu sebelum ada tol cipularang, tempat ini super duper rame, sekarang masih rame juga sih, tapi yang kesana pasti harusnya emang niat mau makan disitu, karena perlu tambahan usaha dikit buat agak melipir sebelum nyampe ke Bandung.

Apa bedanya sate maranggi sama sate biasa? katanya sih kalo sate maranggi itu dagingnya dibumbuin dulu sebelum dibakar. Untuk bumbunya sendiri gw nggak tau sih apa aja, abisan daripada bikin sendiri mendingan beli deh :), ribet cuyyy, mikirin nyalain bakarannya aja udah males…hahahahaha…

Silahkan menikmati hidangan foto berikut, yang pasti nggak bakalan bikin kenyang, kalo pengen, ya silahkan menuju ke Purwakarta deh 🙂

 Image

 

Image

Kalo bukan penikmat pedes, musti ati2 sama sambel tomat yg ada di foto ya, puedesnya poooollll 🙂

Image

Menu lengkap, sate maranggi, sambel tomat, sayur asem, karedok (kliatan cuman ujung piringnya doang)

Gw sendiri yg sebagai orang Purwakarta bingung, sebenernya yg disebut sate maranggi aslinya itu yg gimana, karena di purwakarta sendiri ada beberapa macam versi maranggi yg gw makan, ada yg memang bumbunya kerasa banget (kayak yg di cibungur ini), ato ada jg yg rasanya cukup plain karena bumbunya nggak “setebel” itu. Yg pasti kalo ada di sekitaran purwakarta, apalagi arah ke wanayasa, banyak banget pilihan tukang sate maranggi yang bisa didatengin.

 sate maranggi ini biasanya ada 2 pilihan, ada yg sapi dan kambing.

Advertisements