tumis nanas – paprika – sosis

nanas – paprika – sosis

Di foto ini, makanan ini tampaknya memang tidak menarik…untuk rasa juga mungkin nggak semua orang suka ya..
tapi sebodo amat, karena gw suka sama makanan ini…orang rumah juga suka sama makanan ini, apalagi bikinnya gampang buangett…

Nah, anehnya, sampe sekarang gw nggak tau ini masakan namanya apa, pokoknya (kalo di rumah) asal bilang masakan yg pake nenas – paprika – sosis, udah pada tau jadinya bakalan makanan ini.
Rasanya masakan ini seger deh..ada rasa asem-manis dari nanas, pedes2 dikit dari saos sambelnya, krenyes-krenyes dari paprika, dan gurih dari sosisnya, cocok buat dihari yang panas gitu, bisa digado atau jd temennya nasi jg boleh.
Apalagi ini ada nenasnya, jadi berasa tropical gitu deh…cocok deh kayaknya kalo makannya dipinggir pantai abis snorkelingan ato mainan air..huaaaaaaaa…mauuuuuuuu….
Dapet resep ini pertama kali dari tante gw yg di Bogor, cuman nanya2 singkat pas lagi nggak sengaja dihidangin masakan ini, itupun nggak pake dicatet, jd cuman seingetnya aja sampe sekarang :D, dan resep ini nggak ada ukuran pastinya yaaa… Gw namain ini resep : Tumis Nanas – Paprika – Sosis (nggak kreatip deh ah).

Tumis Nanas – Paprika – Sosis

Bahan :
1 Buah Nanas matang, dikupas bersih, dicuci, dipotong kecil (sesuai selera)
2 Buah paprika dipotong kotak/memanjang, bisa paprika hijau, merah, atau kuning. Biar lebih seru pake semua warna, tenang aja paprika kan nggak pedes, cuman baunya aja kayak yg pedes.
1 Bungkus Sosis dipotong miring tipis, biasanya sih pake yg isinya 6, kalo mau lebih atau kurang jg boleh (sesuai selera)

Bumbu :
1 Butir bawang bombay, yg agak kecil, ato setengah yg besar, dipotong agak besar (sesuai selera)
5 siung bawang putih, dicincang kasar
3-5 sdm saos sambal
2-3 sdm saos tomat
merica bubuk
garam
gula pasir
air secukupnya

Cara buat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay pake minyak/margarin sampai layu dan harum
masukkan sosis, aduk-aduk sebentar, tambahkan sedikit air (biar nggak gosong), diamkan sebentar sampai sosis matang.
masukkan paprika dan nanas, aduk-aduk, tambahkan lagi sedikit air jika terlalu kering.
masukkan saos sambal, saos tomat, merica, garam, gula, aduk-aduk sampai paprika dan nanas agak layu.
berhubung ini tumisan, jadi ya kuahnya secukupnya aja ya.

jangan lupa dicicip yaa….tambah bumbunya sesuai selera dan seenak lidah aja, kali aja kurang pedes bisa ditambah saosnya, ato dikurang kalo nggak suka pedes.

 

Advertisements