Solo trip to Yogya

Terakhir ke yogya 2 tahun lalu, rame2 dengan total 3 orang bujangan (gw, debby, n tince) dan 1 keluarga yg isinya ayah-ibu dan 2 anak kecil (nur-hendi-fauzan-raisya).
tahun ini ge ke yogya lg..tp sendirian :). seharusnya sih berdua sm wina, tapi karna wina ga bisa cuti, akhirnya i’m going solo saja πŸ™‚ *lha iki piye to, jd nya yogja apa solo sebenernya sih? :P*

kemana aja selama 3 hari disana (19-22 Oktober 2011) ? berhubung sendirian jd bebas nentuin mo kemana dan jam nya..

dan ini diantaranya yg belum pernah gw datengin sebelumnya :


Pasar Hewan dan Tanaman Hias Yogya (PASTY), yang lokasinya ada di Dongkelan, sedikit di pinggiran kota Yogya. Kalo selama di Yogya gw hampir selalu naik trans Yogya untuk ke tempat2 yg gw datengin, kali ini sedikit harus nambah naik angkutan selain trans yogya karena rutenya memang diluar jalur trans yogya. Cuman sekitar 5 menitan naik bis ke arah Bantul dengan bayar 2rb aja bisa nyampe kok.
Berhubung gw dipinjemin kamera SLR lengkap dengan lensa tambahan (tele), PASTY jadi tempat yg asik buat hunting foto, ya tapi berhubung gw nggak bisa foto juga, alhasil hasilnya biasa aja lah yaaa πŸ˜€ . Sesuai dengan namanya, kita bisa nemuin banyak hewan disana, terutama sih jenis burung-burungan, tapi ada juga kucing, anjing, tupai, ular, sampe tokek, dll. Untuk tanaman hias nya juga ada, cuman lokasinya agak misah sama yg hewan, dimana harus nyusurin jalan besar buat liat-liat tanamannya, akhirnya gw memutuskan terdampar di bagian hewan nya aja :).

beberapa penghuni PASTY yg pengen gw bawa pulang πŸ™‚

kondisi pasarnya cukup bersih dan teratur, sarana lainnya juga cukup mendukung misalnya toilet yang cukup bersih, dan ada beberapa kantin yg jualan makanan-minuman. Jadi setelah capek muter2 liatin binatang yang lucu2 itu, kita bisa duduk sambil minum ato makan kalo laper. Pasar hewan ini sebenernya adalah pindahan dari pasar burung Ngasem yang lokasinya nggak gitu jauh dari keraton Yogya.

Puro Pakualaman. Ini adalah istana yang sebenernya masih dibawahnya Keraton Yogya yang sifatnya sendiri adalah otonom (mau baca lebih lengkap disini aja). Kalo mau kesini gampang kok, bisa naik Trans Yogya trus turun di halte pakulaman (cmn 2 halte dari vredeburg-malioboro). Istananya sepiiii…, apa karna gw dateng kepagian ya makanya sepi. Istanya jg kecil sih, dan kurang terawat. setelah ijin masuk sama abdi dalemnya trus gw cuman muter2 halamannya sambil foto2. Disana ada museumnya juga, tapi gw nggak masuk deh abisan sepi banget :).

Puro Pakualaman

Kebun Binatang Gembira Loka. Udah lama banget nggak ke kebun binatang, apalagi yg diluar jakarta. Karena gw dateng bukan pas wiken jadinya agak sepi kali ya, udah gitu sebagian fasilitasnya ada yg lagi di renovasi juga. Tapi overall emang rada ga terawat sih. Gw paling suka sama koleksi reptilia nya, keren2 deh uler nya :). Disitu juga ngerasain teh botol dengan harga paling mahal, 5rb sebotolnya, sementara pas di PASTY adalah harga yg paling murah yg pernah gw temuin, cuman 2500 sebotol.

Note: tiket masuk kebun binatang 12rb

Kebun Binatang Gembira Loka

Mal Ambarukmo Plaza (Mal Amplas)…eh, yg ini nggak termasuk tempat wisata ya…hahahahaha :D. Tapi pastinya gw sempet mampir mal ini buat ngadem dan makan siang :P. Pas ke Yogya kemaren memang kebagian cuaca yg lagi panas2 nya, makanya pas abis dari ratu boko dengan ngojek tengah hari, gw memutuskan buat ngadem di mal ajah sambil makan siang :). Mal nya lumayan gede dan bagus, pas disana akhirnya malah liat casing buat tablet gw yg pas diskon, jadi sekalian beli deh karena di jakarta belum tentu diskon juga :D.

Nah, selain tempat2 tadi yg br pertama gw datengin, ada jg yg gw datengin ulang:

Ratu Boko, kali ini benera cmn ke ratu boko doang tanpa ke prambanan dulu. Sayangnya kesana pas lagi kemarau, jadinya rumput ijo yg dulu sampe gw foto sambil guling2 an nggak ada, diganti sama rumput coklat yg nggak menarik. Dan berhubung panasnya ajegile, gw cmn mentok sampe gerbang utama doang dan duduk2 disitu, nggak sanggup jalan2 ke belakang di tengah hari nan terik itu.

Note : tiket masuk Ratu Boko 17rb

Candi Ratu Boko

Keraton Yogya, gw kesana sehari setelah gelaran acara Dhaup Ageng/Royal Wedding. Yang kesisa dari acara akbar itu cuman tenda yg belum dicopot, karangan bunga yg masih berjajar, dan janur yg masih terpasang meskipun kondisinya udah nggak seger lagi. kebetulan pas masuk istana barengan sama rombongan dari jamsostek (kalo ga salah), berhubung gw pake kaos item beda dari rombongan itu (yg pake kaos seragaman warna putih) dan gw nenteng2 kamera SLR, sama abdi dalem yg nganterin rombongan itu gw dikira tukang foto rombongannya..*DEM* :(.

Note: tiket masuk keraton 5rb, plus kalo bawa kamera bayar seribu

pengantinnya

Benteng Vredeburg. Sebagian isi benteng lagi di renovasi, jadi banyak ruangan yg sementara ditutup dulu. 2 thn lalu kayaknya masih liat ada beberapa pohon buah naga yg ada di halaman belakang tapi sekarang udah nggak ada.

Pasar Beringharjo. Baru berhasil masuk dan muterin pasar di hari terakhir, karena biasanya pagi gw udah keluar penginapan dan jalan sementara pasarnya belom buka, giliran sore gw balik ke malioboro pasarnya udah keburu tutup. Kebeneran di hari terakhir dapet flight sore, dan udah diniatin kalo hari itu cuman mo muterin pasar dan ngiterin malioboro, akhirnya puas muterin pasar sampe mblusuk-mblusuk ke belakang sampe ke bagian sayur2an segala.

Pasar Beringharjo

Malioboro. Selama 3 hari (3 malem), berhubung penginapan di sosrowijayan tiap pagi selalu nyusurin malioboro sampe halte vredeburg sekalian nyari sarapan. Dan selama 3 kali nemuin pagi gw salalu sarapan Gudeg di 2 penjual yg beda, yg sampe 2 kali gw cobain pastinya menurut gw enak :). Dan setiap sore/malem selesai mandi gw kembali nyusurin malioboro buat cuci mata sekalian nyari makan. Tapi kalo makan malem sih tetep ga jauh2 dari penginapan, palingan mie godok, angkringan..*ga kreatip :)*.
Entah kenapa buat gw surga belanja di Yogya adanya di Mirota :D, tipikal turis banget deh ah…abisan kalo kepasar ya barangnya gitu2 aja, panas, musti nawar2 pula, sementara di mirota ber AC, harga nya pas, pilihannya juga banyak, segala macem ada :P.

Leave a Reply

