Safety, for your own..and others

Alamak, serius kalipun judul yg gw buat :D. Eh, tapi bener kan?..selain tentunya berdoa sebelum memulai perjalanan, banyak hal yg berkaitan dan berpengaruh dengan keselamatan toh?!

It’s a simple story yg gw alamin beberapa waktu lalu pas di pesawat dr Jogja mo balik ke jakarta.

Ketika di dalem pesawat kita semua pasti pernah dengerin prosedur keselamatan yang di sebutin sama mbak-mbak pramugari nya, ya entah karena udah bosen juga akhirnya kita suka nggak nyimak apa yg diomongin, tapi ya at least sekali-dua kali pasti pernah didengerin lah ya..

Salah satu dari yg diomongin sama mbak2 pramugari pasti adalah soal mematikan hp or device lain sebangsanya. gw, yang sampe pada saat itu belum pernah (niat) nyari tahu kenapa HP harus dimatiin pun ikut patuh sama aturan itu. Setidaknya buat gw cukup masuk akal sih dimana HP kan pake sinyal, dan sistem navigasi pesawat ato sebangsanya juga pake sinyal2an, dan itu cukup buat gw untuk ngerti kenapa itu dilarang, dan tentunya kalo sampe disebutin di pesawat tentunya kita harus nurut dong, toh menurut gw kalo disebutin itu dilarang jatohnya sama kayak kita dilarang bawa narkoba :D.
Untuk tahu kenapa HP disuruh dimatiin di pesawat lebih jelas, googling sendiri lah yaa 🙂

OK, and the story goes…sampe di dalem pesawat dan pramugarinya sudah mulai menyalakan pengumuman bahwa HP harus dimatikan. FYI, gw (hampir selalu) sudah mematikan 2 HP gw sebelum gw naik ke pesawat yaa…:).
Kebetulan saat itu gw duduk di pinggir gang, dan di sebrang gw (sama2 di gang) duduklah seorang cewek berambut panjang, ber-hotpants, ber-behel, dan ber-pedicure (wkwkwkw..detail gitu gw sebutinnya, tapi menurut gw nggak gitu cantik sihhh ..ahahahaha Ampun ya Tuhan, saya nyela :P).

Nah sampai dengan si pramugari itu ngasih pengumuman, dia masih aja dong bbm-an. Gw masih maklum kalo sampe ketika duduk didalem pesawat gw melihat orang mash sms-an tapi setelah itu dr gesture-nya keliatan bahwa dia terus matiin HP nya trus nyimpen di tas ato dimana kek, mungkin dia cmn mo ngabarin kalo pesawatnya mo take-off ke yg jemput. Tapi entah kenapa yg nyebelinnya, sampe si pramugari ngasih simulasi pake jaket keselamatan, itu cewek masih aja bbm-an, dan lebih nyebelinnya lagi dia sengaja ngumpetin bb-nya di buku menu pesawat, dan setiap kali pramugari nya lewat dia sengaja ngumpetin bb-nya…kalo diliat dari gerak-geriknya yg ketakutan bb-nya keliatan nyala sm pramugarinya, brarti dia sadar dong kalo nyalain HP itu dilarang, dan dia nyadar kalo dia ngelanggar hal itu.

OK..beberapa menit memantau pergerakan itu cewek, akhirnya kesabaran gw abis juga, ini pesawat udah jalan menuju runway dan dia masih bbm-an, belom lagi sebelumnya pesawat gw sempet delay 1 jam, makin kesel lah gw.
Lebih parah lagi, pas gw liat disebelahnya tu cewek duduk ibu-ibu yang lagi buka Al-Quran…bok! timpang banget deh ah, yg satu membahayakan keselamatan orang, sementara yg lainnya berdoa buat keselamatan (bersama)…*tepok jidat*
Akhirnya gw colek tu cewek, sambil bilang (masih dalam nada sopan) “nggak bisa ya mbak matiin HP nya sejam aja”, tu cewek rada kaget, trus ngomong “bentar mbak”, trus dia masih lanjutin bbm-an dan baru deh kliatan dia matiin HP trus masukin ke tasnya…jiahhh, bentar dr hongkong!!.
Jujur, gw sebenernya malah pengen dia nyolot trus mancing gw biar gw bisa lebih panjang ngomong…sayangnya dia cmn gitu doang :(.

Padahal kalo bisa nyerocos lebih panjang, gw tuh pengen bilang :
Mbak, coba mbak pikirin..misalnya mbak skr di pesawat lg bbm-an sama pacar mbak, trus pesawat nya bermasalah gara2 sinyal HP mbak sampe akhirnya kecelakaan dan jatoh di hutan ato laut. Pacar mbak sih nggak kenapa2, dia malah lg enak2 an di rumah…ato malah ternyata lagi selingkuhan..nah, mbak nya malah lagi terdampar dan luka-luka, sama ibu dan adeknya pula…siapa yg rugi, mbak nya sendiri kan?!……*AHAHAHAHAHAHA, LEBAYYYY :D*

hihihihi, tapi serius lho, gw pengen banget ngomong gitu sama tu cewek, karena gw yakin dia sering kayak gitu, dan gw yakin dia masih bakalan kayak gitu lagi kalo nggak ada orang yg ngingetin.
Mungkin dia sebelumnya sering begitu, dan dia pikir sampe sekarang dia naik pesawat nggak apa2 tuh…tp kan buka itu poinnya, Hey! kamu nggak pernah tau kapan Tuhan ngasih peringatan…:)
Kadang gw heran sama orang yg gw pikir mereka itu berpendidikan, or at least dia kagak bego2 amat, tapi lha ya kok nggak mikir keselamatan orang banyak, eh malah mikir kesenengan sendiri..

Dan gw yakin beberapa orang lain jg ngerasa keganggu sama kelakuan yg merugikan dari seseorang (misalnya), tapi untuk beberapa alasan mereka pasti males buat negur or ngingetin karena males dianggap bikin konflik. Soalnya kadang orang yg diingetin malah suka lebih galak dari yg ngingetin :D…*hayooo, ngaku yg suka begitu 😀

