Ujung Kulon trip, Part 2

*si pemalas ini akhirnya meneruskan ceritanya juga…=D

waktunya tibaaaaa…
14 Agustus 09 (pas hari pramuka lho..*ga penting*), sesuai schedule, kami berkumpul sekitar jam 9 malem di wisma Korindo kantor nya Ika, karena ada beberapa keperluan yg blm dibeli sebelumnya kita sempet ke supermarket dulu buat belanja. Inilah 27 orang asing yang untuk 3 hari kedepan akan terus bersama2 di UK, malem itu gw tau masing2 pasti lagi sibuk ngapalin antara nama sama rupa ke 26 orang lainnya hehehhe…Setelah Setelah semuanya beres, sekitar jam 10 malem akhirnya kita berangkat.

sebelum berangkat

Sekitar 1 jam pertama kami masih pada melek smua…sejam kemudian satu persatu mulai tumbang..terlelap di bangku masing2 yang padahal kalo dirasa2 kagak ada nyaman2 nya sama sekali..=D *namanya juga backpackeran =D, kalo mo enak mah ikutan biro wisata aja..*. Sekitar jam 3 pagi, perjalanan rada offroad dimulai..bis nya mulai bergoncang2 karena jalanan jelek bgt, pantesin aja angkot disini modelnya Elf smua, biar tahan banting ternyata. Hampir sekitar 3 jam ngadepin jalan jelek, sampe kayaknya si supir bis nya stress. Akhirnya sekitar jam 6 pagi kita sempetin untuk berenti di musholla kecil buat sholat dan bersih2, nggak sopannya ada 1 orang yg sempet2 nya mandi..curang deh sampe sana cmn dia doang tuh yg berbadan bersih.

15 Agustus 09
Matahari udah mulai muncul, dan kita masih harus lewatin jalanan jelek lagi selama hampir 2 jam. Akhirnya tanda2 laut udah keliatan sepanjang jalan, dan sampailah kita di tempatnya Pak Komar yg tenar di dunia per Ujung Kulon-an sekitar jam 8 pagi. Desa Taman jaya adalah salah satu pintu gerbang untuk ke Ujung Kulon, pintu lainnya adalah desa Sumur. Di tempatnya pak Komar kami pesen sarapan dulu..mulai deh nih ketemu sama yg namanya Indomie, soalnya nasi uduknya udah abis. Abis sarapan dan istirahat sebentar sambil nunggu kapal kita siap, sekitar jam 10 akhirnya kita menuju ke dermaga dengan bawaan yang segede2 bagong di punggung dan di tangan, satu persatu turun ke kapal..dan akhirnya waktunya berlayaaarrrr….

menunggu sarapan

Dermaga Taman Jaya

Di kapal kami cari spot masing2, ada yang manteng diatas kapal, ada yg mulai cari posisi tidur di bangku, ada yg rame2 main Uno, sementara gw duduk bengong di pinggiran kapal sambil nikmatin laut yang airnya mulai biru jernih. Sekitar 2 jam 1/2 di laut akhirnya kami merapat juga di dermaga pulau peucang. Mendekati dermaga mata kami mulai dimanjakan dengan laut dangkal yang jernih nya minta ampuunnn, bikin silau dan pengen nyebur pastinya. Setelah merapat di dermaga pulau yg paling rame dikunjungi kami turun semua, kami menuju ke kantor utama nya untuk daftar. Saat itu pulau peucang cukup rame, nggak heran kita udah nggak bisa dapet penginapan meskipun udah booking jauh2 hari, maklum lagi long weekend. Setelah daftar dan nego harga kapal kecil untuk nyebrang di pulau berikutnya, kami mulai deh main2 air. Baru kali ini gw nemuin air laut biru jernih dengan gradasi warna yg indah sesuai dengan kedaleman airnya dengan pasir putih kayak yg ada di gambar2 yg pernah gw liat dehhh.

pantai Peucang

Puas mainan air (hari itu) kami akhirnya mandi dan bersih2 (mandi pertama kalinya hari itu, dan terakhir pastinya). Sehabis mandi kami makan sore (telat makan siangnya), pake nasi dan sarden yg dimasak oleh 2 orang porter yang kita sewa, bapak2 porter itu bertugas untuk jadi guide, tukang masak, dan tukang bawain barang selama kita di UK. Setelah mandi kami balik ke kapal, sekitar jam 4 sore kami berlayar lagi ke pulau berikutnya untuk nginep. Kali ini kita menepi di Cibom, karna nggak ada dermaga makanya kita harus ganti pake kapal kecil untuk menuju pantainya, berhubung yg bisa diangkut sama kapal kecil itu cmn 6 orang, kami harus giliran untuk nyebrang ke cibom.

Cibom

Setelah semua kebagian nyebrang, mulailah kita trekking sebentar…lumayanlah hampir sejam, udah mulai gelap pula. Akhirnya kedengeranlah suara ombak yang nabrak karang cukup deket…dan itulah spot kami buat nginep malem itu. Karna udah gelap kami nggak begitu bisa ngeliat sekeliling…yang keliatan cmn sebagian batu karang yang menjulang tinggi dan buih2 air laut yang habis nabrak karang.

Malem itu setelah bikin tenda, kami juga nyiapin makan malem..kali ini menunya nasi plus telor dadar. Uniknya telor dadarnya dibikin oleh 3 tim terpisah..setelah itu baru deh dijadiin satu…dan proses masakpun seru banget karna dibumbui dengan celaan2 khas anak2 geblek ini..=D. Setelah beres makan malem kita bikin acara bebas yang dimulai dengan acara perkenalan…yg setelah 24 jam barengan baru kali ini kita kenalan resmi ..heheheh. Abis itu acara dilanjutin dengan main kembang api…dasar anak2 ini, emang niat banget bawa kembang api segala..ckckckck…

Malam itu kita tidur dengan ditemani deburan ombak dan taburan bintang di langit yang cerah…hhhmmmm….fasilitas hotel bintang lima juga kalah nih..

next..lanjut lagi ah di postingan berikutnya..=)