typhus, tifus

Nggak nyangka kalo gw bakalan kena virus Salmonella Tiphy (bener ga sih nulisnya), atau di Indo terkenal dengan typhus, meskipun belum taraf yg parah (mungkin biasa disebut orang2 gejala typhus, padahal kalo dokter gw sih bilang sama aja tuhh..). Ini penyakit nyebelin banget karna sekilas orang2 ngeliatnya kok sehat-sehat aja, padahal badan nggak enak minta ampun. Ini sekilas kronologis dari mulai virus menyerang sampe badan rada enakan..

Jumat, 3 Juli 2009
Sore tiba2 mulai batuk-batuk, dan makin malem makin parah. Makin malem juga badan berasa makin nggak enak.

Sabtu, 4 Juli 2009
Mulai pagi badan semakin nggak enak, linu…dan semakin siang suhu badan makin panas. Akhirnya sore itu ke dokter, pas dicek suhu badan ternyata udah mencapai 39.2 derajat..nggak nyangka sepanas itu, abisan kayaknya nggak panas2 amat. Akhirnya dikasih resep sama dokter plus surat pengantar buat cek darah kalo panasnya sampai 3 hari…ooppss, mulai ga enak nih feeling gw..

Minggu, 5 Juli 2009
Setelah minum obat dari dokter suhu nya turun naik terus, nggak tau sih tepatnya berapa, yg pasti setelah minum obat nggak lama turun panasnya…efek obat abis, panas lagi deh…selain itu badan kok kerasanya lemes banget.
Akhirnya karna begitu terus gw memutuskan untuk ngungsi ke rumah ortu, lagian di kos an repot sendirian, mo makan susah, bosen pula ngeliatin kamar yg cmn seluas itu, selain itu gw sudah mengantongi surat ijin sakit dr dokter, dan berjuang lah gw naik bus umum selama 2 jam nyampe ke rumah..untung nggak kenapa2.

Senin, 6 Juli 2009
Berhubung masih naik turun panasnya, akhirnya tes darah sesuai saran si dokter waktu itu…dan hasilnya trombosit, hb dan teman2 nya itu normal, widal nya juga (buat deteksi typhus).

Selasa, 7 Juli 2009
Ke dokter lagi buat mastiin hasil tes darah, dan karna obat jg udah mo abis. Baru ngerti karna ternyata tes widal bakalan masih normal kalo baru panas 3 hari doang…virus typhus baru ketauan setelah sekitar 7 hari..oooo gitu to dok…
Abis dari dokter sempet ngurus2 ke bank mumpung lagi hari kerja..dan ternyata badan beneran nggak bisa diajak kompromi karna berdiri bentar aja udah keringetan segede2 biji jagung, lemes banget, plus mulut pait-asem…asli deh kayak mo pingsan cuman keluar rumah 2 jam doang.

Rabu, 8 Juli 2009
Badan masih lemes, mulut masih pait-asem, tapi udah nggak panas, dan hari ini adalah PilPres…akhirnya gw ikutan milih juga, pertama kalinya nihh ikutan pemilu..pas sakit pula..

Kamis, 9 Juli 2009
Udah ngerasa enakan dikit, gw nekat ngantor…brangkat pagi2 dr rumah, dan pastinya gw salah hari karna kemarinnya tanggal merah otomatis orang2 juga berangkat pagi2 dari rumah abis ikutan pilpres pulak…nyaris nggak dapet bis, setelah nunggu lama untungnya dapet omprengan. Tp ternyata badan ini masih nggak beres, dan gw harus menahan supaya nggak vomit dengan makan permen pedes dan minum pocari sweat. Nyampe kantor juga sihhh…tapi dengan penuh perjuangan seperti nyaris pingsan…asli bo, untung itu pocari menyelamatkan gw, nyampe di kantor telat 5 menit (damn!, pertama kali telat setelah 3 bulan) dengan muka pucet dan baju basah karna keringet ngucur lagi segede2 jagung pas di jalan….pfiuuhhh….
Berhubung di kantor domelin sama temen2 gw, yang ngeliat gw beneran pucet dan keliatan nggak sehat akhirnya pulang kantor gw balik lg ke rumah ortu..hihihih…biar ada yg ngurus lagiii…

Jumat, 10 Juli 2009
Istirahat lagi di rumah, dengan kondisi masih batuk, masih lemes, masih berasa pait-asem ini mulut. Sempet browsing2 mengingat gw curiga kalo kena typhus, setelah dibaca2 ternyata gejala2 nya hampir mirip siyyy…cmn masih positif thinking aja deh, semoga bukan typhus (parno bo!)

Sabtu, 11 Juli 2009
Kondisi masih sama juga sama hari sebelumnya…huuhhh..udah mulai bosen tiduran jadinya di rumah mulai jalan2.

Minggu, 12 Juli 2009
Kondisi masih nggak jauh beda sama hari sebelumnya…agak sorean balik ke depok supaya besok bisa ngantor…

Senin, 13 Juli 2009
Meskipun masih lemes dan mulut masih asem tapi akhirnya bisa kerja meskipun nggak maksimal..(pas sehat aja nggak maksimal, apalagi pas sakit…huehehehhe).

Selasa, 14 Juli 2009
Makin penasaran sama kondisi badan yg nggak berubah juga, akhirnya inisiatif tes darah plus widal lagi…dan jreng..jreng…akhirnya angka2 yang di tes widal sebelumnya masih 0 (nol) sekarang ada angkanya semua…huaaaaaaaa……
Untuk mastiin, sorenya gw ke dokter lagi…dan dokternya dengan santainya..yak, kamu kena typhus…oh no!!!!!…jadi begini toh rasanya kena typhus…nggak lagi2 dehhhh
Dokter pun cmn ngasih antibiotik, vitamin, plus obat batuk…obat yang simpel untuk penyakit yang menyebalkan…=(

Rabu, 15 Juli 2009 s/d Selasa, 22 juli 2009
Selama itulah gw istirahat di rumah….Horeeeeee (buat nggak ngantornya, meskipun di rumah tetep diganggu kerjaan kantor juga). Sebernya selama itu kondisi badan nggak begitu berubah..karna masih lemes juga, masih berasa asem juga mulutnya, dan batuk nggak sembuh2…cmn udah rada mendingan sih, tp tetep nggak bisa lama2 kena angin luar.

Rabu, 23 Juli 2009
Akhirnya mulai hari ini ngantor, dan hebatnya hari pertama ngantor sore nya udah dibajak buat main voli acara 17 an…huhuhuhu, kalo ketauan nyokap gw bisa diamuk nih..
Bagusnya kita menang (dan besoknya gw nggak opname)…hihihi, permainan voli yg aneh, dasar cewek cmn bisa menang serve doang….

Nahhhh, gitu deh…berdasarkan pengalaman intinya typhus itu harus banyak istirahat dan jangan makan yg aneh dulu such as..pedes, asem, sayuran (yg terlalu berserat), dan meskipun udah berasa sehat mendingan jangan di forsir dulu, pastiin sampe kita bener2 sehat…dan biasanya butuh waktu minimal 2 minggu (itu untuk tipe ringan spt yg gw alamin, kalo yg sampe di opname segala sih butuh waktu recover yg lama). Contohnya gw aja mulai pertama panas (3-4 juli 2009), baru sekarang pas tulisan ini dibuat udah ngerasa bener2 sehat…lama kan hampir 3 minggu?!, dan batuknya pun masih ketinggalan nih…
So everybody…stay healthy yahhhh…

