liburan time!!!

yippieeeee….
akhirnya setelah sekian lama cmn bisa ngebayangin bisa liburan rada jauh dikit, minggu lalu akhirnya gw dan beberapa temen jadi juga pergi ke Yogya. Kebetulan momennya pas banget, ada tanggal merah di hari senin dan kita nekat cuti 2 hari setelahnya..jadi kita ada di Yogya dari mulai hari sabtu sampai ke hari rabu….hehehehe..lama yahhh..
Dan beruntungnya juga tanggal merah di hari senin itu adalah peringatan Maulud Nabi, yang berarti ada acara Grebeg Maulud di Keraton Yogya, momen yang bakalan jarang gw temuin…pokoknya pas dehhhh..
Berhubung tiket udah ditangan dari sejak bulan Januari (maklum..ngejar tiket murah nya air asia…hihihi..), mau nggak mau bos gw harus approve cuti gw dunk..gw ancem deh, kalo ga di approve dia musti ganti rugi tiket yg udah gw bayar..hahahaha..sadisssss..

dan berikut ini ringkasan kegiatan kita selama di Yogya..:

Sabtu 7 maret
Kita terbang menuju Yogya, kebeneran dapet pesawat sore, jd kita nggak gitu buru-buru. Dan kita sampai di Yogya sebelum gelap jadi kita masih sempet jalan-jalan di sepanjang malioboro.
Berhubung sudah sedikit direncanakan (sama temen2 gw kita udah bikin schedule), kita udah punya bayangan mo makan malem dimana, dan kita mengarah ke angkringan yang deket stasiun tugu…kita sebenernya nyari angkringan Lik Man yg terkenal dengan Kopi Joss nya..tp berhubung gak tau persisnya yg mana, akhirnya kita milih salah satu yg paling rame. Dan berhubung kegiatan kita masih banyak dan perlu istirahat, malem itu kita nggak nyobain kopi Joss nya…takut nggak bisa tidurrr..

Minggu 8 maret
Hari ini kita menuju ke Borobudur, meskipun sempet ujan pagi2 tapi nggak menyurutkan semangat kita menuju ke Borobudur. Perjalanan dimulai dari naik bus Trans Yogya menuju ke terminal Giwangan, dari terminal kita langsung cari bis yang menuju Borobudur. Berhubung perjalanan agak jauh sekitar 1 jam setengah, alhasil kita sampe disana agak siang dan udah lumayan terik. Setelah panas-panasan beberapa waktu di sekitaran candi sambil pelan-pelan naik ke atas…mendung mulai muncul, dan…hujan!…horayyyy…
Selama hujan kita merapat ke dinding batu nya candi sambil payungan(secara kita ada di lantai 3 nya candi gitu), bertahan dengan 2 buah payung yang diisi 3 orang alhasil kita basah kuyup. Setelah hujan agak reda baru deh kita turun dan memutuskan untuk balik ke yogya, padahal kita belum sempet naik ke puncak tempat stupa paling gede.
Sampai di Yogya udah sore, dan kebeneran kita belum sempet makan siang, karena itu kita semangat banget nyari tujuan kuliner kita berikutnya which is : Oseng-oseng mercon. Setelah melewati perjuangan dengan berjalan kaki cukup jauh (karena turun di halte yang salah), laper, tanya sana-sini, nebak-nebak mana oseng-oseng mercon yang asli, akhirnya ketemu juga….puedesssss rek…yg penting udah nggak penasaran.
Malemnya setelah bersih-bersih, niatnya mau langsung istirahat tapi ternyata kita masih terusin jalan-jalan, dan kebetulan kita ketemuan sama temen yang asli Yogya, dan kita dianterin ke pasar malem sekaten, dimana ternyata hari itu adalah malam terakhir karena rangkaian acara Maulud memang berakhir besok.

Senin 9 maret
Acara puncaknya tiba!…hari ini kita menuju ke Mesjid Agung Keraton karena disanalah acara grebeg mulud digelar. Karena kita berangkat kepagian dari penginapan sementara acara nya baru mulai jam 10 akhirnya kita jalan-jalan dulu ke benteng Vredeburg, sehabis dari sana baru deh kita ke Mesjid.
Di mesjid ternyata sudah banyak banget orang, dan nyebelinnya acara nya molor sampe jam 11…kita udah beneran gosong dan pegel2 karena berdiri panas2 an kelamaan, untungnya gunungannya dateng juga. Cuman sekitar 15 menit dari itu gunungan sampe di mesjid dan ludessssss direbutin orang…
Pokoknya puas deh udah liat acara itu dari deket banget walaupun sempet kedorong-dorong orang, sempet ngeliat yang mulai pada pingsan, ngarep sih ada bagian dari gunungan yang dilempar ke arah gw…tapi kok ga ada sedikitpun yang nyangkut yahhh…nasibbb..padahal ada orang yang naik di gunungan itu dan dengan baiknya ngelempar isi gunungan ke segala arah.

Karena udah capek, setelah acara itu kita pulang ke penginapan buat istirahat…nyimpen tenaga buat shopping..hihihi..tapi sebelumnya kita mampir dulu ke pasar Beringharjo..hihihi..shopping pembuka gitu, padahal kaki rasanya udah mau putus saking capeknya.
Setelah cukup istirahat dan mandi, agak sorean kita mulai deh menjelajah malioboro lagi, dan menuju ke tempat tujuan utama..Mirota….entah kenapa tempat itu jadi magnet buat semua orang buat belanja oleh2 di Yogya, gw sih karena kadang suka males aja nawar-nawar kayak di pasar, karena kalo dibandingin di mirota juga nggak begitu mahal kok.

Selasa 10 maret
Hari ini terakhir kita bisa jalan2 di Yogya, karena besok pagi kita udah harus pulang. Dan sesuai jadwal, hari ini tujuan kita adalah Candi Prambanan – Ratu Boko. Sekali lagi bus Trans Yogya jadi andalan, karena kebetulan rutenya ada yang sampai ke Prambanan, cuman bayar 3000 aja sampe puas deh naik bus trans Yogya. Senangnya karena dari terminal Prambanan udah bener2 deket ke Candinya, bisa jalan kaki, atau kalau mau gampang ya naik ojek.
Serunya hari ini kita pergi full team, karena sebelum2 nya kita pergi terpisah karena temen gw bawa anak kecil 2 jd nggak mungkin ngikutin jadwal kita yang bujangan2 ini…hihihih. Nggak begitu lama kita ngelilingin prambanan, setelah puas di prambanan karena kita udah beli tiket terusan PP Prambanan-Ratu Boko, kita dianter ke Ratu Boko yang jaraknya sekitar 3 km dari prambanan. Ratu Boko bener-bener beda dari candi-candi yang lain yang pernah gw liat…entah kenapa suasananya yang sepi bikin Ratu Boko jadi makin menarik, beneran keren abis tempatnya. Setelah puas di ratu Boko kita dianter lagi ke Prambanan, tapi karena kita mau langsung pulang ke Yogya jadinya kita minta diturunin di terminal. Nggak lama nunggu bisnya dateng, dan kembali kita menjadi penumpang setia karena rute kita jauhhhh…dan kita sampe lagi di Yogya pas jam makan siang.

Karena bingung mo makan dimana setelah sebelumnya berniat nyari Gudeg Permata yang ternyata baru bukanya sore (pantesan nggak ketemu-temu), akhirnya kita milih restoran ayam goreng di deket bioskop Permata. Setelah makan kita berpencar lagi jadi 2 tim..tim bujangan nerusin ke Taman Sari, dan yang 1 keluarga itu nerusin shopping, kali ini kita naik becak…tengah hari bolong, dengan atap dibuka pula…pfiuhhh..what a perfect sun bathing..hehehe..
Sampai di Taman Sari kita nyaris telat, karena tempatnya hampir tutup..untung loket masih buka, dan dengan dianter sama bapak-bapak tour Guide (yang kayaknya penduduk lokal), akhirnya kita berhasil muterin Taman sari sampai ke Mesjid bawah tanahnya dan juga ke bukit tempat menara/benteng yang ada diatas (lupa namanya). Setelah selesai tour Taman Sari nya kita naik becak lagi dan menuju ke tempat beli bakpia, seperti biasa titipan bakpia nggak boleh lupa..dianter becak kita ke toko bakpia dan dianter pulang ke penginapan. Sampe di penginapan kita mulai deh packing…keseruan pun dimulai karena barang bawaan kita udah berasa mo meledak, dan kita mulai kebingungan gimana cara bawanya balik ke jakarta, yah itulah seninya kalo liburan, keahlian packing diuji..bingung kebanyakan bawa tentengan, padahal titipan orang semua…

Setelah selesai packing dan mandi..kita mulai deh jalan lagi..menikmati malioboro di malam terakhir, untungnya udah sepi karena musim liburan udah selesai, tinggal segelintir orang aja yang liburannya masih ketinggalan kayak gw. Nggak lupa kita belanja lagi titipan2 orang dan oleh2 yang masih kurang.

Rabu 11 maret
Jam setengah 5 pagi kita semua udah bangun dan sibuk beres2, karena jam 6 kurang jemputan kita udah siap nganter ke bandara. Jam setengah 8 akhirnya pesawat kita take off menuju jakarta dan satu jam kemudian nyampe di Cengkareng….
Dan akhirnya disitulah cerita liburan gw berakhir…and we have to get back to the real world, back to work, back to the traffic jam….*sigh*….

Advertisements